Dampak Siklon Tropis Seroja, Di Timika Cenderung Panas Uap Air Berdampak Pada Cuaca Buruk Di Wilayah NTT

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Dalam beberapa hari terakhir diperkirakan kondisi cuaca di Timika terlihat cerah dan panas. Cuaca cerah dan cenderung panas yang terjadi berdampak pada kondisi cuaca buruk yang terjadi di wilayah Nusa Tenggara Timur.

Menurut Forcaster BMKG Mimika Muhammad Inggit Rizki cuaca buruk yang terjadi di NTT tersebut di karenakan adanya siklon tropis seroja. Hal tersebut tidak terpengaruh secara signifikan di Kabupaten Mimika, tetapi efeknya masa udara di Mimika tersedot siklon tropis seroja tersebut.

Bacaan Lainnya

“Siklon tropis seroja yang terjadi di NTT tersebut tidak terpengaruh di Timika karena lokasi jauh, tapi uap air tersedot kesana makannya cuaca disini cerah beberapa hari,” kata Inggit saat ditemui di ruang kerjanya,Selasa (6/4).

Inggit mengungkapkan bahwa Siklon tropis seroja tersebut yang terjadi di selatan NTT penyebab terjadinya curah hujan tinggi dan angin kencang yang terjadi di NTT. “Jadi cuaca buruk disebagian daerah NTT tersebut memang berada di daerah tumbuh kembangnya siklon tropis seroja tersebut,” ungkapnya.

Untuk intensitas hujan di Mimika berdasarkan pantauan BMKG Mimika sepekan kedepan masuk dalam kategori hujan sedang hingga lebat. “Angin kencang itu kan tergantung sama awan Commulus Nimbus, tapi karena siklon tropis tadi, pertumbuhan commulus nimbus di Mimika dalam beberapa hari ini masuk kategori rendah, maka otomatis angin kencang itu cukup jarang,” jelas Inggit.

Inggit juga menambahkan, selama seminggu kedepan gelombang air laut di Mimika masih tergolong tenang, sementara di bagian selatan yakni Agats dan Amapare juga diperkirakan masih dalam kategori rendah. “Untuk tingginya 0,1 sampai (0,50) setengah meter kategorinya tenang, terus bagian selatan (Agats dan Amapare) 0,5 sampai dengan 1,25 meter itu kategori rendah jadi masih aman,” ujarnya.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait