Citilink Terbang Perdana Timika-Denpasar

Pesawat Citilink saat tiba di Bandara Mozes Kilangin Timika, Jumat (31/01).

 

TIMIKA – Tabaos14    I    Maskapai baru terus masuk di Bandara Mozes Kilangin-Timika dan, Jumat (31/01) kali ini, PT Citilink Indonesia melakukan penerbangan perdana rute Timika-Denpasar.

Pesawat Citilink jenis Air Bus A320 dengan kapasitas 180 penumpang tersebut mendarat di bandara Mozes Kilangin-Timika, pada sisi utara lantasan milik PT AVCO sekitar pukul 14.24 Wit.

Tiba di bandara, seluruh kru pesawat disambut pihak otoritas Bandara Mozes Kilangin dan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika, Yan Slamat Purba mewakili Pemerintahan Daerah Kabupaten Mimika.

Stasiun Manager Citilink Timika, Gunawan saat ditemui di Bandara Mozes Kilangin Jumat sore tadi mengatakan bahwa, pesawat Citilink melakukan terbang perdana dari Denpasar menuju Timika dan selanjutnya penerbangan perdana, Timika menuju Denpasar di hari yang sama.

“Landing dari Denpasar itu pukul 14.25 Wit dan nanti kita berangkat lagi Pukul 15.10 Wit. Untuk sementara melayani rute Denpasar saja. Kalau dia sudah berkembang mungkin ada penambahan,” kata Gunawan.

Pesawat Citilink memiliki jadwal penerbangan dengan rute Timika Denpasar, Denpasar -Timika dalam seminggu hanya empat kali, yakni hari Rabu, Jumat, Sabtu dan Minggu.

“Citilink ini semuanya kelas ekonomi dan tidak ada kelas bisnis. Tiket Timika -Denpasar sekarang ini di sistem, berkisar Rp2,2 juta sampai Rp3 juta. Tapi tiket inikan fluktuatif. Disini kita ada gerai Citilink juga, namanya Citilink Corner di Jalan Budi Utomo, mereka juga memback-up penjualan Citilink. Bisa juga datang ke bandara di Costemes services. Di situ ada pertanyaan terkait tiket bisa tanya disitu, ” kata Gunawan.

Gunawan mengatakan, rute Timika -Denpasar adalah rute kedua Citilink di Tanah Papua karena sebelumnya juga Citilink telah membuka rute di Jayapura.

Hadirnya Citilink di Timika diperuntukan untuk semua masyarakat Mimika. Citilink ada untuk melayani seluruh kebutuhan masyarakat dan hadirnya Citilink disini adalah untuk menambah moda transportasi udara di Timika, seiring dengan programnya pemerintah untuk meningkatkan moda transportasi terutama di Timika.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika, Yan Slamat Purba kepada wartawan di Bandara Mozes Kilangin Timika, menyampaikan terima kasih banyak kepada pihak maskapai yang telah membuka rute penerbangan Timika-Denpasar. Dirinya berharap, agar dengan semakin banyaknya maskapai yang masuk ke Timika, diharapkan dapat menekan harga tiket pesawat.

“Kami dari pemerintah, mewakili masyarakat Mimika ingin supaya harga tiket ini dia tetap stabil dan terjangkau, tidak merugikan operasi maskapai. Ini adalah hal yang luar biasa, sehingga dalam waktu yang sangat singkat sudah beberapa maskapai masuk. Kita harapkan harga tiket tetap stabil, ” kata Yan. (**/samone)

Pos terkait