Cegah Penularan Covid Dari Luar Thermal Scanner Dipasang Di Pintu Kedatangan Bandara

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Unit Pelayanan Bandar Udara (UPBU) Mozes Kilangin memasang Thermal Scanner (pendeteksi suhu tubuh) bagi penumpang dari luar Timika.

Pemasangan Thermal Scanner yang merupakan bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mimika. Guna mendeteksi dan mencegah penyebaran Corona virus disease (Covid-19) di Mimika.

Muat Lebih

Kepala UPBU Mozes Kilangin, Ambar Suryoko mengatakan, disisi selatan Bandara Mozes Kilangin yang dikelola oleh UPBU Timika telah terpasang beberapa alat seperti Disinfektan Chamber (ruang disinfektan) yang berupa bilik kecil dan Thermal Scan.

“Dua alat ini dipasang untuk mencegah penyebaran Covid-19. Khususnya mendeteksi para penumpang yang datang dari luar Timika,” kata Ambar di terminal VIP UPBU Mozes Kilangin Timika, Minggu (26/7).

Kata dia, sebelum melewati dua alat ini, para penumpang yang datang akan dilakukan pendataan dan pemeriksaan oleh tim medis. Kemudian, penumpang akan masuk di ruang bilik Disinfektan. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan suhu tubuh melalui Thermal Scanner.

“Thermal Scanner sendiri akan mendeteksi suhu tubuh orang. Apabila suhu tubuhnya di atas rata-rata, maka berwarna merah. Tapi kalau normal berwarna hijau,” katanya.

Apabila suhu penumpang itu merah, maka akan ditindaklanjuti oleh tenaga medis yang sudah disiapkan. Untuk secara teknisnya, pihaknya serahkan semua kepada tim medis.

“Dengan alat ini, sangat terbantu dalam mendeteksi penyebaran Covid-19. Karenanya, kami berterimakasih kepada Pemkab Mimika melalui BPBD yang sudah menempatkan alat canggih ini,” tuturnya.

Sementara Kepala BPBD Yosias Lossu melalui Kasubag Program dan Keuangan,Ida Adriyani menambahkan, Thermal Scanner baru dioperasikan semenjak wabah covid 19 ditemukan di Timika. Namun tertahan lama akibat penutupan seluruh operasional bandara ditetapkan Pemerintah.
“Untuk alat ini kami pengadaan tiga unit. Satu dipasang di UPBU Mozes Kilangin Timika (sisi selatan), kemudian Bandara Mozes Kilangin (sisi utara), dan rencanaya dipasang di Pelabuhan Pomako,” katanya.

Ia menambahkan, untuk saat ini operator alatnya dari teknisi penyedia. Selanjutnya akan diserahkan sepenuhnya kepada pengelola bandara.

“Alat ini akan terus dipasang di pintu masuk kedatangan. Dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengelola bandara,” tuturnya.

Reporter : Ifona Akoha
Editor : Tahir

  • Whatsapp