Cadangan Ketahanan Pangan Di Mimika Hanya Mampu Capai 9 Ton

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14  |  Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mimika mengakui, cadangan ketahanan pangan hanya mampu mencapai 9 ton. Padahal normalnya cadangan ketahanan pangan seharusnya menyiapkan 100 ton bahan makanan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mimika Ir. Syahrial didepan anggota Komisi B DPRD Mimika pada Rabu (24/6).

Muat Lebih

Menurut Syahrial, selama ini fungsi dan tugas Dinas Ketahanan Pangan yaitu Penguatan terhadap produk pangan (pasca panen) lokal, termasuk mengkoordinir kemampuan pangan kabupaten dengan dinas-dinas terkait.

“Cadangan ketahanan pangan seharusnya menyiapkan 100 ton bahan makanan , tapi saat ini kita hanya mampu mencapai 9 ton,” katanya.

Syahrial berharap kedepan, bila diberi kewenangan lebih maka akan membuat program untuk pengadaan lumbung pangan, membuat toko tani, serta membuat peta ketahanan pangan di Kabupaten Mimika.

“ Kedepan jika kita diberi kewenangan maka program yang sudah kita susun bisa berjalan,” katanya.

Seperti diketahui Komisi B DPRD Mimika melakukan kunjungan ke Dinas Ketahanan Pangan untuk mengetahui sejauh mana kinerja yang dicapai oleh dinas tersebut.
Dalam kunjungan itu anggota Komisi B,berharap dapat mengutamakan pangan lokal. Hal ini dilakukan untuk Penguatan kemandirian pangan lokal , karena juga menyangkut petani-petani OAP yang perlu diberdayakan.

Selain itu Dewan berharap pemerintah merubah kiblat dengan menempatkan tenaga-tenaga yang memang ahli dibidang pangan, sehingga tercipta ketahanan pangan yang lebih kuat.

Reporter : Ifona Akoha
Editor : Tahir