Bupati Segera Terbitkan Surat Edaran Untuk Operasional Penerbangan

  • Whatsapp

TIMIKA – Tabaos14  |  Bupati Mimika Eltinus Omaleng, akan segera mengeluarkan Surat Edaran terkait izin bagi calon penumpang yang akan menggunakan maskapai penerbangan.

Saat ditemui di Pasar Sentral Timika, Bupati menjelaskan bahwa ijin berangkat keluar dari Timika hanya berlaku bagi warga yang mempunyai urusan mendesak.

Muat Lebih

“Rekomendasi Surat Keterangan Sehat kita akan berikan itu seperti jika ada untuk tugas Dinas, masyarakat dari luar daerah yang sedang berada di Timika, atau masyarakat yang punya pekerjaan di luar daerah, juga bagi mereka yang orang tuanya sedang sakit berat, kalau sekedar jalan- jalan kita tidak izinkan,” terang Bupati.

Bagi warga Mimika yang mau berangkat keluar Timika harus diwajibkan melakukan Rapid Test, serta melengkapi Surat Sehat yang dikeluarkan tenaga kesehatan dan Surat Ijin dari Bupati Mimika selaku ketua Tim Gugus Covid-19. Namun sebelum dikeluarkannya Surat Ijin, pihaknya akan memastikan kebenaran pengakuan dari warga yang akan berangkat.

Terkait Rapid Tes, hingga saat ini Pemerintah Daerah Mimika masih menggratiskan biaya bagi semua calon penumpang . Namun bila keadaan kembali normal, pihaknya akan berlakukan pembayaran sebesar Rp. 600.000,-.

“Biaya Rapid itu harus kurang lebih Rp. 600.000, namun karena kondisi saat ini sehingga Rapid itu gratis,” kata Bupati.

Menurut Bupati, maskapai penerbangan sudah dapat melakukan jam operaional sejak diberlakukan Pra New Normal tiga hari yang lalu. Namun karena Surat Edaran baru akan diterbitkan hari ini, maka operasional Bandara baru akan berlaku tanggal 10 Juni 2020.

“Seharusnya setelah adanya kesepakatan bersama terkait penerapan Pra New Normal, maskapai yang melayani penerbangan Timika keluar sudah bisa beroperasi, namun karena Surat Edaran belum dikeluarkan, sehingga belum ada penerbangan,” terangnya. (Ifon/Yonri)

  • Whatsapp