Bupati Perintah Kepala OPD Permudah Pengusaha OAP

  • Whatsapp

Bupati Eltinus Omaleng saat meninjau proyek pembangunan bundaran Petrosea.

 

Bacaan Lainnya

TIMIKA – Tabaos14    I    Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE., M.H memerintahkan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Mimika untuk memberi kemudahan kepada pengusaha orang asli Papua (OAP) dalam mendapatkan proyek dari pemerintah.

Penegasan itu disampaikan Bupati Omaleng saat memimpin apel pagi di kantor pusat pemerintahan, Senin (27/01).

“Kepala OPD harus kasih kepada mereka, jangan ada proses-proses dokumen. Itu kalau ada niat baik dari kalian,” kata Bupati.

Bupati mengungkapkan, apabila pengusaha putra daerah memiliki dokumen lengkap sesuai aturan yang ada agar langsung dibuatkan Surat Perintah Kerja (SPK). Sehingga, pengusaha putra daerah bisa bekerja untuk pemerintah.

“Dokumen lengkap langsung saja kasih SPK, biar mereka tidak protes-protes lagi. Tolong perhatikan anak-anak Papua,” ungkapnya.

Bupati menuturkan, pemberian kemudahan terhadap pengusaha putra daerah tersebut khusus untuk proyek senilai 1 Milyar ke bawah. Pasalnya, sesuai aturan itu maka mereka harus diprioritaskan.

 

“Dibawah nilai Rp1 Milyar itu, langsung berikan SPK supaya mereka langsung kerja,” tuturnya.

Menurut Bupati, pemberian kemudahan tersebut sesuai aturan Otsus juga agar pemerintah bisa memberikan pembelajaran kepada pengusaha asli Papua untuk belajar menangani proyek-proyek dimulai dari yang kecil.

“Supaya mereka bisa belajar, bisa kerja dan jamin keluarganya,” jelasnya.

Bupati menambahkan, selain kemudahan untuk proyek dibawah Rp1 Milyar, mereka juga berhak mengikuti lelang proyek senilai Rp10 Milyar.

“Nilai Rp10 Milyar itu, Papua berhak ikut lelang pakai CV boleh. Tapi kalau CV tidak memenuhi syarat pakan PT juga bisa,” ujarnya. (*#/samone)

Pos terkait