Bupati Omaleng Sebut Kunjungan Wamendagri di Nabire untuk Survei Bukan Untuk Pastikan Nabire Ibu Kota PPT

Bupati Mimika Eltinus Omaleng.

Timika – Tabaos14 | Bupati Kabupaten Mimika Eltinus Omaleng mengatakan bahwa kunjungan Wakil Menteri Dalam negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo ke Nabire pada Senin 25 Juli 2022 lalu untuk melakukan survei bukan untuk memastikan Nabire sebagai ibukota Provinsi Papua Tengah (PPT).

“Tidak apa-apa kalau bupati kumpul di sana kan karena kunjungannya Kak Wamen. Wamen datang itu kan untuk menyurvei, bukan harga mati untuk menjadikan ibu kota di sana. Kan begitu,” ujarnya saat ditemui di Bandara Moses Kilangin Timika, Rabu (27/7/2022).

“Jadi kalau saya kan tetap pada pendirian saya, saya tidak setuju dengan Nabire. Makanya saya mempertahankan harus ibu kotanya di Timika, di sini,” imbuhnya.

Lebih lanjut Bupati Omaleng mengatakan bahwa apapun dapat dilakukan untuk mempertahankan Timika tetap menjadi Ibu Kota.

“Jadi soal untuk menjadikan ibu kota di sini (Timika), cara apa pun bisa kita lakukan supaya tetap ibu kotanya di sini. Sebab dia (ibu kota) punya aura, jiwa, dan bayangan rohnya itu ada di sini,” pungkasnya.

Diketahui kunjungan Wamendari John Wempi Wetipo ke Nabire selain melakukan survei juga bertemu para Bupati Provinsi Papua Tengah dan Forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat.

Pos terkait