Bupati Mimika Tegas Soal Tapal Batas Grasberg Milik Mimika

Bupati Mimika saat diwawancarai soal Tapal Batas Wilayah Grasberg, Senin (03/02).

 

Bacaan Lainnya

TIMIKA – Tabaos14    I     Bupati Mimika, Eltinus Omaleng kembali menegaskan bahwa soal tapal batas wilayah Grasberg yang diklaim tiga kabupaten tetangga lainnya, tidak ada pembicaraan dan tidak bisa karena soal Tapal Batas Grasberg itu ada di Timika.

“Itu tidak bisa dibicarakan. Titik,” kata Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE., M.H disela-sela ramah-tamahnya usai peresmian kantor baru Diatanben Mimika, Senin (03/02).

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa Asisten I Bidang Tata Pemerintahan Setda Mimika, Demianus Katiop mengatakan bahwa, sampai hari ini masih ada tiga kabupaten (Kabupaten Puncak, Paniai, dan Intan Jaya) yang mengklaim wilayah Grasberg itu masuk dalam wilayah mereka.

“Tapi Grasberg itu tetap merupakan wilayah Kabupaten Mimika yang tidak bisa diganggu,” tegas Katiop sat menjelaskan soal tapal batas ini.

Menegaskan penjelasan itu, Bupati Eltinus Omaleng berujar bahwa kalau bicara soal hak Ulayat, maka siapapun bisa mengklaim memiliki hak Ulayat di suatu daerah. Tapi kalau soal tapal batas itu, tidak.

“Itu sudah di Undang-undangkan. Kedua, Freeport itu secara utuh ada si Kabupaten Mimika. Tapi soal tapal batas tidak bisa berubah. Selesai,” pesan Bupati Omaleng yang terkenal dengan ketegasannya. (*#/samone)

 

Pos terkait