Bupati Mimika Serahkan LKPJ Tahun Anggaran 2021 Kepada DPRD

Bupati Mimika Eltinus Omaleng menyerahkan materi LKPJ kepada Ketua DPRD Mimika Anton Bukaleng, Rabu (13/7/2022).

Timika – Tabaos14 | Bupati Kabupaten Mimika, Eltinus Omaleng menyerahkan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) tahun anggaran 2021 kepada DPRD Mimika.

Penyerahan tersebut dilakukan dalam pembukaan rapat paripurna I masa sidang II tentang LKPJ Bupati Mimika tahun anggaran 2021 dan Ranperda pertanggung jawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2021 yang berlangsung di Kantor DPRD Mimika, Rabu (13/7/2022).

Bupati Mimika dalam sambutannya mengapresiasi pimpinan dan segenap anggota dewan serta seluruh laporan masyarakat yang mendukung dan bekerja sama dalam menjalankan tugas dan fungsi dalam setiap agenda Pemkab Mimika.

“Setiap agenda dapat berjalan dengan baik berkat kerja keras kita semua. Kehadiran kita di sini menjadi bukti semangat bersama dalam membangun Kabupaten Mimika untuk meningkatkan kesejahteraan hidup seluruh masyarakat,” ujarnya.

Bupati Omaleng menjelaskan penyampaian rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD merupakan kewajiban daerah.

“Yang kami sampaikan telah mengacu terhadap laporan keuangan pemerintah kabupaten Mimika tahun anggaran 2021 dan telah diaudit oleh BPK Republik Indonesia,” tuturnya.

“Mimika untuk ketujuh kalinya mendapatkan hasil audit dengan opini wajar tanpa pengecualian. Tentu ini adalah prestasi kita bersama,” imbuhnya.

Di samping itu, Ketua DPRD kabupaten Mimika, Anton Bukaleng mengatakan dengan diserahkannya LKPJ tersebut, DPRD melalui tahapan-tahapan akan mencermati setiap muatan materi dan menggarisbawahi capaian pelaksanaan program yang belum maksimal dan belum sesuai aturan perundang-undangan yang ada untuk dituangkan ke dalam penerbitan catatan rekomendasi.

“Selain LKPJ, saat ini juga diserahkan dokumen Ranperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD. Semua telah diperiksa BPK dan hasil wajar tanpa pengecualian menunjukkan bahwa laporan keuangan telah sesuai standar akuntansi pemerintahan,” tuturnya.

“Tidak terdapat salah saji material dan telah dilakukan pengungkapan yang memadai. Selain itu, pengendalian internal juga telah dilaksanakan dengan efektif sesuai peraturan yang berlaku,” katanya melanjutkan.

Dari hasil perolehan itu, Anton mewakili segenap jajaran memberikan apresiasi atas kerja keras segenap pihak.

“Hal tersebut menggambarkan pengelolaan keuangan Pemerintah Kabupaten Mimika telah secara konsisten dilaksanakan dengan profesional,” ucapnya.

Anton berharap capaian ini terus dipertahankan oleh Pemerintah Kabupaten Mimika.

“Hendaknya terus mempertahankan capaian kinerja pemerintahan dan pengelolaan keuangan bahkan terus ditingkatkan kualitasnya serta terus menjadi inspirasi bagi pemerintah daerah dan perangkatnya,” pungkasnya.

Pos terkait