Bupati Diminta Serius Kawal Anak Amor Seleksi Masuk IPDN

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Bupati Mimika Eltinus Omaleng diminta ikut mengawas langsung proses seleksi calon praja IPDN agar benar-benar ada keterwakilan anak dari dua suku asli yaitu Amungme dan Kamoro.

Ketua Komisi C DPRD Mimika, Elminus B Mom mengakui memang agak sulit untuk mendorong agar ada keterwakilan anak Amor di IPDN. Bahkan pernah berupaya mengakomodir keterwakilan anak Amungme dalam seleksi IPDN, akan tetapi tidak diloloskan. Justru yang yang bukan dua suku asli Mimika yang muncul saat pengumuman.

Muat Lebih

“ Yang membuat saya merasa kecewa anak anak Amor yang kita sudah upayakan tidak lolos dan yang bukan anak Amor sendiri justru bisa lolos seleksi,” kata Elminus yang ditemui di DPRD Mimika, Senin (29/6).

Untuk itu Ia meminta Bupati harus tegas bahwa jatah masuk IPDN dari Mimika adalah anak asli, bukan anak-anak dari luar ataupun campuran. Selain itu Bupati harus benar-benar mengawasi mulai dari Mimika, Provinsi hingga ke pusat agar tidak ada halangan bagi generasi muda Amungme dan Kamoro untuk maju.

“Jujur saja orang Amungme dan Kamoro ini sangat dirugikan dari tahun ke tahun. Tiap tahun nama anak dua suku ini selalu disebut-sebut, tapi ternyata kenyataanya tidak ada dan anak-anak orang asli yang diakomodir. Ini karena tidak ada pengawasan serius dari pimpinan daerah. Jadi sekarang ini saatnya Bupati harus tegas,” ungkap Elminus.

Dijelaskan bahwa apa yang diserukan Organisasi Kaum Intelektual Amungme (OKIA) adalah sesuatu yang sangat benar. Ancaman, OKIA untuk melakukan aksi demo merupakan reaksi setelah mengetahui bahwa anak-anak Amungme dan Kamoro tidak ada yang lolos pemberkasan. ,

“ Memang benar yang disampaikan OKIA Itu nyata. Yah, Kita sekolahkan mereka supaya ada penerus kita yang dapat membangun Mimika. Kita juga tidak boleh terus membiarkan anak dua suku ini terus-menerus hidup dalam ketertinggalan,” jelasnya.

Reporter : Ifona Akoha
Editor : Tahir

  • Whatsapp