Buat Surat Pernyataan Pemulangan Warga Pengungsi Atas Keinginan Sendiri

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Pemkab Mimika terpaksa harus membuatkan surat pernyataan kepada Warga pengungsi dari tiga Kampung di Tembagapura. Surat pernyataan tersebut menyatakan bahwa warga akan pulang dengan keadaan di kampung apa adanya, pasalnya kepulangan tersebut merupakan keinginan warga.

Menurut Wakil Bupati (Wabup) Mimika Johannes Rettob, surat pernyataan tersebut sengaja dibuat apapun kondisi disana. Pasalnya Pemkab Mimika menginginkan pemulangan dilakukan setelah fasilitas sudah baik, tetapi para warga tidak mau.

Bacaan Lainnya

“Ini keinginan masyarakat sendiri untuk itu kami suruh masyarakat buat pernyataan. Agar nanti suatu saat tidak menjadi bola liar menyalahkan pemerintah,” kata Wabup di Mill 32, Rabu (20/1).

Untuk bantuan sendiri Wabup mengungkapkan bahwa Pemkab Mimika sudah menyiapkan bahan makanan (Bama) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), yaitu beras sebanyak 1,5 ton dan bahan makanan lainnya. “Bantuan saya kira lebih dari itu yang kita siapkan. Paling tidak untuk satu atau dua minggu kedepan untuk mereka,” ungkap Wabup.

Wabup menambahkan untuk anak-anak sekolah tidak diperbolehkan berangkat. Hal tersebut dikarenakan masih sekolah. Selain itu juga Pemkab Mimika nanti akan melakukan program-program jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang untuk bagaimana mengatasi masyarakat secara ekonomi, kesehatan dan pendidikan.

“Kami akan lakukan upaya-upaya selanjutnya untuk masyarakat agar dapat normal kembali disana,” ujarnya.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp