BP Am Sinode GKI DTP Fokus Bangkitkan Pelayanan Jemaat

Forum Pertemuan Ketua BP Am Sinode GKI Di Tanah Papua, Pdt. Andrikus Mofu, M.Th dengan salah satu Klasis di Jayapura. (Foto: Multi Media GKI DTP).

 

TANAH PAPUA – Tabaos14    I     Badan Pelayan Am Sinode Gereja Kristen Injili Di Tanah Papua (BP Am Sinode GKI DTP), kini fokus memberi perhatiannya pada upaya membangkitan kesadaran jemaat untuk melaksanakan pelayanan sesungguhnya kepada umat di Tanah Papua dan segenap penjuru dunia.

“Ini harus dilakukan bagi Kemuliaan Tuhan yang sudah ada di Tanah Papua,” pesan Ketua BP Am Sinode GKI DTP, Pdt Andrikus Mofu, M.Th kepada Tabaos14.com melalui rilisnya pada Media Sosial What’s App Kominfo GKI DTP, Selasa (18/02) malam.

Menindaki fokus itu, Pdt. Andrikus Mofu menegaskan bahwa, GKI DTP kini siap menggencarkan Pinjaman Bergulir bagi upaya membangkitkan potensi ekonomi Jemaat GKI.

 

“Kita telah dan akan terus mengevaluasi pembuatan mapping atau pemetaan didalam Jemaat-jemaat GKI Di Tanah Papua, terutama terkait persoalan-persoalan yang sedang dihadapi Klasis-klasis. Kita bahas potensi-potensi ekonomi yang bisa dikembangkan untuk mendukung praksis pelaksanaan Pekabaran Injil (PI),” ungkap Pdt. Andrikus Mofu.

Seluruh data ini, jelasnya juga, akan sangat menolong Tim yang menyiapkan konsep, strategi dan program dengan perencanaan bottom-up planning.

 

Ketua Sinode GKI Di Tanah Papua itu juga mempertegas bahwa, “Sekarang, Sinode GKI siap mendanai kegiatan ekonomi Jemaat tetapi dengan mengubah mindset. Ini bukan bantuan yang habis terpakai tanpa pengembalian. Ini adalah pinjaman modal, sehingga harus bisa bergulir kepada yang lain dan bahkan kepada semua klasis di Tanah Papua,” pesannya.

Hanya dengan cara ini, tegas Pdt Andrikus Mofu lagi, “Kita budayakan jiwa berwirausaha. Sehingga pelan-pelan, kita kurangi budaya konsumtif yang terjadi.”

 

“Kita undang Departemen kemitraan untuk segera mensosialisasikan program kemandirian untuk kegiatan ekonomis produktif yang mendukung Misi PI ini, ” jelas Pdt. Andrikus Mofu sambil juga menginformasikan, terutama pertemuan Sinode Am GKI Di Tanah Papua dengan Sinode Pfals Jerman yang memiliki Badan Diakonia Zoar yang profit oriented.

 

Ajak Sinode Pfals Jerman

Pdt. Andrikus Mofu bahkan meminta agar Sinode Pfals Jerman ikut memperhatikan kaum disabilitas  di Tanah Papua. Bahkan juga mengingatkan tentang kondisi anak-anak kecil usia produktif di Tanah Papua yang banyak ikut terpapar hal-hal negatif seperti Aibon, Narkoba, Miras dan beraktifitas pada jam-jam kecil tengah malam (12.00 Waktu Papua-red) hingga Pukul 05.00 WIT pagi yang sangat penting mendapatkan perhatian bersama.

 

Bersama pemikiran fokus dan semua upaya dimaksudkan, Pdt. Andrikus Mofu mengajak segenap Klasis & Jemaat-jemaat Kota di Tanah Papua menseriusi hal-hal ini.

Kinerja Pegawai GKI

Ketua Sinode bahkan mempertegas bahwa akan ada penilaian kinerja pegawai GKI DTP, terutama yang tidak produktif, yang akan dipertimbangkan untuk hanya menjadi pelayan non-pegawai GKI.

Perhatian serius juga dilakukan untuk soal-soal Data-base dalam rangka mendukung pelayanan GKI Di Tanah Papua kedepannya. BP Am juga sudah menyiapkan 2 (dua) buku, yakni buku panduan untuk Pelayan Firman dan Buku Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk Penatua Syamas menjadi pegangan dalam pelayanan. (Ron/samone)

Pos terkait