BMKG Prediksi Mimika Masuki Musim Penghujan, Curah Hujan Tinggi

Forcaster BMKG Mimika.

Timika – Tabaos14 | Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Mimika memprediksi bahwa wilayah Kabupaten Mimika masuki musim penghujan. Menurut data BMKG khusus Juni, Juli, dan Agustus memiliki curah hujan yang tinggi.

“Pergerakan angin saat ini berhembus dari arah barat daya yang menandakan khusus di Mimika itu memasuki musim dengan karakteristik hujan yang tinggi,”kata Forecaster BMKG Mimika Inggit Rizki saat ditemui diruang kerjanya, Jumat (24/6/2022).

Rizki menjelaskan Mimika sebenarnya salah satu daerah yang bisa dikatakan hampir sepanjang tahun hujan atau tidak memiliki musim kemarau. Hal tersebut disebabkan karena faktor lokal laut dan gunung tersebut.

“Jadi uap air dari laut ini kan tidak bisa naik ke gunung, akhirnya berkumpul (di atas Mimika) terbentuklah awan, makanya sering hujan. Kalau curah hujan bervariasi, tapi puncaknya di pertengahan tahun, melandai lagi diakhir dan diawal tahun,”jelasnya.

BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk membersihkan pohon dan ranting yang rimbun agar tidak terjadi kecelakaan karena angin kencang, selain itu membersihkan saluran air (selokan) agar tidak ada air yang tergenang hingga menyebabkan banjir.

“Masyarakat kami imbau agar waspada dan berhati-hati karena curah hujan sedang tinggi dan membersihkan saluran drainase ditempat tinggalnya masing-masing,”ujarnya.

Sementara itu menurut data prospek cuaca sepekan Provinsi Papua yang dikeluarkan oleh BMKG Wilayah V Jayapura cuaca khususnya Mimika yang termasuk dalam Papua bagian selatan pada 20 sampai 22 Juni diprediksi cerah berawan hingga berawan dengan potensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Merauke, Mimika, Asmat, dan Mappi.

Kemudian pada 23 sampai 26 Juni 2022 cuaca diprediksi masih sama, namun dengan potensi hujan sedang hingga lebat di keempat wilayah tersebut.

Pos terkait