Berdayakan OAP Diskop UMKM Mimika Bersama Telkomsel Beri Bantuan Modal Jual Pulsa

Penyerahan plakat tanda kerja sama dari pihak Telkomsel kepada Dinas Koperasi dan UMKM Mimika di kantor Dinas Koperasi dan UMKM Mimika, Jumat (29/7/2022).

Timika – Tabaos14 | Guna memberdayakan Orang Asli Papua (OAP) yang terlibat dalam usaha mikro kecil menengah (UMKM), Dinas Koperasi (Diskop) UMKM Kabupaten Mimika bersama Telkomsel memberikan modal usaha penjualan pulsa di kantor Diskop UMKM Jumat (29/7/2022).

Manager Branch Telkomsel Timika Ondo Harinduan Putra mengatakan, sejauh ini sudah ada sekitar 15 orang yang telah berjalan pulsa berkat dukungan modal tersebut.

“Dengan berjualan pulsa setidaknya dapat meningkatkan ekonomi mereka, dan kami akan terus mendampingi mereka,”katanya.

Ondo menyampaikan bantuan modal yang diberikan kepada 15 pelaku UMKM tersebut masing-masing sebesar Rp 200 ribu.

“Rata-rata kelima belas orang ini adalah penjual pinang. Ada yang di sekitar SP 2 dan Nawaripi Jalan Yos Sudarso. Saat ini lapak-lapak mereka telah diberikan tanda atau spanduk yang menandakan kalau mereka juga berjualan Pulsa,” jelasnya.

“Kita akan dampingi dan mengawal sampai mereka terbiasa dan merasakan manfaatnya,” kata Ondo melanjutkan.

Sementara itu, Kepala Diskop UMKM Mimika, Petrus Yumte berharap agar kerja sama ini dapat terus berjalan agar ke depan makin banyak yang bisa ikut terbantu.

“Meski secara kualitas masih kurang, namun jika para badan usaha milik negara ini dapat merangkul 3.300 pelaku UMKM di Mimika maka terjadi pergerakan yang besar,” tandasnya.

Untuk diketahui, saat ini Dinas Koperasi dan UMKM bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seperti Telkomsel, PLN dan Pegadaian. Petrus berharap kedepan BUMN yang lain pun dapat dirangkul untuk bekerja sama membangun para UMKM di Mimika.

“Kekuatan pertumbuhan ekonomi di Indonesia ini kan berasal dari para UMKM dan Koperasi sehingga harapan kita ke depan pelaku UMKM khususnya masyarakat asli Papua bisa merasakan dampak dari kerja sama ini,” pungkasnya.

Pos terkait