Batik Air Resmi Layani Timika Surabaya Empat Kali Seminggu

Maskapai Batik Air di Bandara Mozes Kilangin Timika.

Timika – Tabaos14 | Maskapai Batik Air resmi melayani penerbangan langsung (direct flight) Timika – Surabaya pulang pergi dengan rute lanjutan ke Jakarta dan Jayapura dengan jadwal penerbangan empat kali dalam seminggu.

Perwakilan Manajemen yang juga Chief Pilot Batik Air, Capten M Agus Wicaksono mengatakan Batik Air resmi terbang langsung Timika – Surabaya pergi pulang mulai Selasa 12 Juli 2022.

“Untuk penerbangan perdana Surabaya ke Timika kemarin ada 122 penumpang, dari Timika ke Jayapura juga full. Lamanya waktu terbang Timika – Surabaya 3 jam 30 menit,”kata Agus.

Menurutnya untuk tahap awal, pihaknya melayani penerbangan langsung Timika – Surabaya empat kali seminggu yakni Selasa, Kamis, Sabtu dan Minggu. Adapun rute yang dilalui Jakarta- Surabaya- Timika – Jayapura – Timika – Surabaya – Jakarta.

“Dari Surabaya lanjut Jayapura, sekarang sudah balik lagi ke Timika lanjut Surabaya dan Jakarta dengan pesawat yang sama,”tutur Agus.

Agus mengungkapkan, Batik Air memiliki 54 unit pesawat dengan dua tipe airbus dan boeing.

“Untuk terbang ke Papua kami pakai dua jenis ini. Kami akan tetap pertahankan konsistensi jadwal. Kalau seandainya ke depan penumpang kurang mungkin kami turunkan dari 4 kali ke 3 kali seminggu tetapi kalau penumpang banyak bisa kita tambah frekuensinya menjadi 5 kali dan seterusnya. Pelayanan Batik air adalah premium, dan ke depan kami akan evaluasi untuk terbang langsung ke Denpasar,”ungkapnya.

Sementara Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob dalam sambutannya menyatakan atas nama Pemda dan seluruh warga Mimika dirinya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Manajemen Batik Air yang telah menjawab permintaannya untuk terus membuka rute baru dari Timika dan menambah frekuensi penerbangan untuk rute yang sudah ada.

“Terima kasih untuk Batik Air yang sudah memenuhi permintaan saya untuk membuka rute Timika – Surabaya dan telah menjawab harapan warga Mimika. Kami juga berharap agar Batik Air dan Lion Grup dapat memfasilitasi connecting flight dari Surabaya ke rute lain seperti Jogjakarta untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada penumpang agar dapat lebih efisien, efektif dari sisi waktu dan biaya,”kata Wabup.

Wabup berharap Batik Air terus meningkatkan pelayanan, ketepatan waktu dan tetap utamakan keamanan, kenyamanan dan keselamatan penerbangan. Dengan adanya rute ini, semakin terbuka konektivitas dari Timika dan Papua, memperpendek waktu perjalanan, memperkuat moda transportasi dan diharapkan dapat memacu aktivitas perekonomian menuju kesejahteraan masyarakat.

“Kami juga lagi usahakan untuk buka penerbangan langsung dengan daerah lain antara lain Timika – Denpasar, Timika Laboan Bajo , Timika – Sorong dan Timika- Manado, dan lainnya. Mudah-mudahan akhir bulan ini beberapa rute baru mulai terwujud dengan berbagai operator penerbangan,”ujar Wabup.

Wabup Rettob juga menyampaikan terima kasih kepada Kepala AirNav Timika, Andi Nurwansyah dan Kepala Bandara Mozes Kilangin Timika, Asep Soekarjo yang sudah memberikan slot time untuk penerbangan langsung Batik Air, Timika – Surabaya.

“Apabila ada operator penerbangan yang minta slot time untuk pembukaan rute baru, agar terus dapat memberikan ijin dan memberikan saran dan pendapat kepada operator penerbangan,” tuturnya.

 

Pos terkait