Batik Air Buka Rute Langsung Timika Surabaya PP

Pesawat Batik Air.

Timika – Tabaos14 | Ada kabar gembira bagi warga Kabupaten Mimika mulai 12 Juli 2022, maskapai penerbangan Batik Air akan membuka rute penerbangan langsung Timika Surabaya Pulang Pergi (PP).

Wakil Bupati (Wabup) Mimika Johannes Rettob mengatakan, mulai tanggal 12 Juli 2022, Batik Air akan memulai operasi penerbangan dari Jakarta – Surabaya- Timika- Jayapura pulang pergi.

Batik Air menggunakan jenis pesawat Airbus 320 dan atau Boeing 737- 800 NG dengan Nomor penerbangan ID 6134 dari arah barat ke timur dan ID 6135 dari timur ke barat.

“Untuk yang dari wilayah barat, berangkat dari Bandara Soekarno Hatta Jakarta jam 20.30 UTC atau jam 3.30 WIB/lokal time,”kata Wabup.

Menurut Wabup untuk jadwalnya berangkat dari Bandara Juanda Surabaya jam 22.40 UTC atau jam 05.40 WIB/ lokal time. Selanjutnya pesawat tiba di Timika jam 02.10 UTC atau jam 11.10 WIT/lokal time. Berangkat ke Jayapura jam 2.50 UTC atau jam 11.50 WIT.

Kemudian dari Timika menuju Surabaya jam 06.40 UTC atau jam 15.40 WIB/lokal time. Rencana tiba di Surabaya jam 10.10 UTC atau 17.10 WIB lokal time. Selanjutnya tiba di Jakarta jam 19.20 WIB.

“Pada saat di Surabaya akan dilihat teknis operasional apakah ganti pesawat atau tetap menggunakan pesawat yang sama,”tuturnya.

Sebaliknya, untuk pesawat rute Jayapura – Jakarta, berangkat dari Bandara Sentani Jayapura jam 04.45 UTC atau jam 13.45 WIT/lokal time.

“Artinya Timika Surabaya pulang pergi adalah rute baru langsung dengan perjalanan kurang lebih 3,5 jam,” paparnya.

Dikemukakan, dengan pembukaan penerbangan Timika- Surabaya maka Batik Air akan melayani Timika setiap hari 3 kali dengan rute Timika Makasar, Timika Jakarta dan Timika Surabaya PP.

“Saya sedang berusaha juga untuk membuka kembali penerbangan Timika – Bali pulang pergi. Dan untuk sementara ini yang sudah menjawab adalah Garuda diharapkan akhir bulan Juli atau awal Agustus sudah dapat mengoperasikan kembali rute tersebut, untuk sementara 1 minggu 2 kali,” paparnya.

Sedangkan Sriwijaya Air yang sementara mengurus slot time dan ijin rute yang diharapkan sudah bisa beroperasi pada akhir Juli ini.

“Batik Air sementara juga mengkaji Rute Timika- Labuan Bajo Denpasar Jakarta PP,” tuturnya.

Wabup mengungkapkan, Timika sebagai kota industri, perdagangan dan bisnis diharapkan Bandara Moses Kilangin dapat menjadi pusat distribusi dan penyangga di seluruh Tanah Papua.

“Sehingga semua jenis pesawat kecil, medium dan besar bisa buat Base di Timika dan bisa melayani dan menghubungkan semua kota di Papua. Juga bisa menjadi pusat maintenance pesawat di Papua,” harap mantan Kadis Perhubungan Mimika itu.

Selain itu juga saat ini Wabup Rettob kembali melobi beberapa maskapai penerbangan untuk membuka rute penerbangan langsung Timika Denpasar. Sejauh ini baru dua maskapai yang memberi kepastian akhir Juli atau paling lambat awal Agustus 2022.

Pos terkait