Banyak Yang Tidak Laporkan Hasil Kegiatan , Dinsos Mimika Bakal Tidak Keluarkan Izin Bagi OKP Dan Paguyuban Untuk Aksi Penggalangan Dana

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Dinas sosial (Dinsos) Kabupaten Mimika menyebutkan sebagian besar organisasi maupun Paguyuban di Mimika yang mendapatkan ijin melakukan aksi social penggalangan Dana tidak pernah melaporkan jumlah dana yang mereka dapatkan.

Menurut Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Mimika Alfrida Barung, seharusnya organisasi maupun paguyuban melaporkan hasil kegiatan kepada Dinas Sosial selaku pemberi rekomendasi. Menurutnya yang melaporkan hasil kegiatan mereka yakni dari Baznas Dan KKJB.

Bacaan Lainnya

“Selama ini banyak yang tidak melaporkan hasilnya, Jadi laporan itu juga biar tidak ada yang bilang kalian (Dinsos Mimika) ini berikan rekomendasi tapi tidak ada laporannya gimana,” kata Alfrida saat ditemui di ruang kerjannya, Kamis (8/4/2021).

Alfrida mengungkapkan, tujuan pelaporan tersebut guna memastikan bahwa hasil yang didapatkan benar benar sesuai dengan jumlah yang mereka salurkan. “Bukan berarti kami mencari untung, hanya saja sebagai laporan dan bukti bahwa kegiatan tersebut benar dilaksanakan dan bantuan benar disalurkan,”katanya.

Alfrida menegaskan, terkait dengan hal tersebut Dinsos Mimika berencana melakukan penertiban bagi organisasi atau paguyuban yang meminta izin untuk melakukan penggalangan dana namun tidak melaporkan hasil dari kegiatan tersebut.

“Untuk siapa saja yang dalam melakukan penggalangan dana bantuan pabila tidak mendapatkan rekomendasi tetapi nekat melakukan penggalangan dana maka akan dilakukan penertiban oleh pihak keamanan. Jadi kami kerjasama juga dengan Polisi dan Satpol PP,” tegasnya.

Menurut Alfrida semua organisasi atau paguyuban jika ingin melakukan penggalangan dana harus memiliki izin dari Dinsos. Adapun mekanisme pemberian izin bagi para organisasi yang ingin melakukan penggalangan dana yakni Dinsos akan membuat jadwal penggalangan kemudian waktu pelaksanaan dibatasi hanya 3 hari.

“Satu jalan dulu selama tiga hari, nanti berikutnya lagi, karena kami keluarkan ijin dan sesuaikan jadwalnya, begitupun titik – titik penggalangan dana juga kami atur,” jelasnya.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait