Banyak Pejabat Belum Serahkan LHKPN, Pemkab Mimika Ancam Gaji Pejabat Bakal Ditahan

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Pemerintah Kabupaten Mimika akan memending gaji bagi pejabat yang tidak segera menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) sebelum 31 Maret 2021. Jika sampai batas waktu yang ditentukan masih ada yang belum menyampaikannya, maka akan diberikan saksi berupa penundaan pembayaran gaji sebagai pembelajaran.

Sekda Mimika, Michael Gomar mengatakan penyampaian LHKPN juga diwajibkan bagi pejabat yang sudah meninggal dan non job.

Bacaan Lainnya

“Ini juga menjadi pelaporan kita kepada pihak KPK, diawasi langsung juga oleh KPK. Kita berharap kurang lebih 30 persen yang sudah dicapai untuk penyampaian LHKPN Kabupatwn Mimika bisa ada peningkatan hingga 31 Maret 2021,” kata Gomar di hotel Cendrawasih 66, Jumat (26/3/2021)

Sementara Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Mimika, Yulius Sasarari saat ditemui ditempat yang sama mendesak pejabat eselon II, III, IV, PPTK dan juga Bendahara pengeluaran untuk segera menyampaikan LHKPN

“Dari 460 pejabat yang diwajibkan melaporkan LHKPN di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Mimika, baru ada sekitar 30 persen atau 300an pejabat yang sudah menyampaikannya,” kata Sasarari

Menurutnya seharusnya LHKPN ini sudah dilaporkan sebelum Januari lalu, tetapi ada perpanjangan hingga akhir Maret.

“Kami berharap waktu yang sisa ini bisa digunakan untuk berkoordinasi dengan teman-teman di Inspektorat. Sehingga sebelum tanggal 31 jam 12 malam mereka tutup, yah dari angka 460 nama itu bisa berkurang,”

Namun nyatanya hal ini tak juga dimanfaatkan dengan baik, sehingga ia menilai jika para pejabat yang belum melaporkannya tak memiliki niat. Padahal menurutnya perubahannya dari tahun ke tahun hanya sedikit.

“Macam saya yang kemarin inspektur, berubah ke Asisten I, data lain tetap masih ada, hanya penambahan yang mungkin pada pendapatan harta kekayaan yang bertambah atau berkurang,” ungkapnya.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait