Bantuan Perumahan Untuk Mimika Dianggarkan Kementrian PUPR di APBN 2022, Ini Jumlahnya

  • Whatsapp
Wakil Bupati Mimika, Johanis Retob saat di Hotel Grand Tembaga, Senin (29/11/2021).

Timika – Tabaos14 | Wakil Bupati Mimika, John Rettob mengatakan usulan pembangunan perumahan bagi warga Banti, Distrik Tembagapura, warga Kwamki Lama Distrik Kwamki Narama, dan warga Iwaka, Distrik Iwaka diusulkan Kementrian PUPR RI pada APBN 2022 mendatang, Senin (29/11/2021).

” Ini yang disampaikan ke saya. Mulai Januari saya aka kawal program ini, karena proposalnya saya yang sampaikan ke Pak Wakil Mentri PUPR John Wempi Wetipo. Saya harus kawal sampai bawa pulang program ini ke Timika. Untuk Tembagapura, Kwamki Narama dan Iwaka sama-sama karena bencana. Jadi dengan alasan itu pemerintah pusat merespon usulan Pemkab Mimika,” kata Wabup John di Hotel Grand Tembaga.

Bacaan Lainnya

Kata Wabup John usulan Pemkab Mimika pada tahun 2021 dimana tahun anggaran suda jalan sehingga diusulkan Kementrian PUPR pada 2022 dan Kementrian PuPR sudah berjuang dengan usulan itu dalam pembahasan di DPR RI.

Wabup John menyebutkan Kementrian PUPR sudah ada jawaban namun untuk persetujaun ini melibatkan beberapa pihak termasuk Kementrian Keuangan dan DPR RI.

“ Dari Kementrian PUPR sudah ada jawaban tapi usulan ini melibatkan DPR, Kementrian Keuangan. Saat ini tinggal di Kementrian Keuangan. Saya pikir perlu ada lobi khusus dan perlu pengawalan juga di Jakarta,”tutur Wabup.

Usulan itu jelas dia, untuk Banti ada 247 buah, Kwamki Narama 300 buah, dan Iwaka 300 buah.

Banti Tembagapura karena bencana warga mengungsi sehingga rumah rusak berat, Kwamki Narama juga korban konflik antar kampung sehingga banyak rumah rusak dan hancur serta Iwaka banjir buat rumah hancur.

Banti ada rehabilitasi dan bangun baru. Iwaka ada tim yang turun survey lokasi dari Jakarta pada saat Mimika sibuk dengan persiapan Pesparawi. Untuk Iwaka pindah lokasi yang aman dari banjir. (rus)

Pos terkait