Bank Indonesia Papua Akui Potensi Hasil Laut Mimika Perlu Dikembangkan

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Papua mengakui pengembangan hasil laut dalam hal ini perikanan sangat luar biasa. Sehingga BI mendorong potensi perikanan di Papua khusunya di Mimika untuk dikembangkan.

Pimpinan perwakilan BI Provinsi Papua Naek Tigor Sinaga mengatakan, hampir satu setengah juta ton potensi perikanan laut, dan sekitar 260.000 ton perikanan darat dengan salah satu moto penggerak adalah kabupaten Mimika.

Bacaan Lainnya

“Berdasarkan laporan yang telah kami kumpulkan, terjadi peningkatan produksi perikanan di Sentra Kelautan dan Perikanan terpadu di kabupaten Mimika dari rp 17.000 pada tahun 2017 menjadi rp 60.000 pada tahun 2020. Tadi ada dorongan dari berbagai pihak dari bea cukai dan dari balai karantina dan semua pihak yang ada hadir disini bahwa pada tahun 2018 ekspor yang berasal dari Papua itu bisa menunjukkan angka 368000 US dolar,” kata Tigor di acara Launching Ekspor Karaka di hangar Bandara Mozes Kilangin Timika, Senin (29/3).

Menurut Naek Tigor untuk mempermudah proses administrasi ekspor tersebut, pihak bea cukai sudah sangat membantu, dan juga sudah melakukan webinar dengan kepala bea cukai Manado. Hal tersebut agar mempermudah hasil ekspor komoditas perikanan wilayah Timur Indonesia.

“Untuk meningkatkan kualitas ekport, tentu perlu ada dorongan dari pemerintah provinsi dan juga dinas-dinas agar kualitas pada saat penangkapan dan proses ikan tersebut bisa dilakukan secara baik dan menjamin keberlangsungan eksport,” tuturnya.

Reporter/Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait