Bandara Baru Moses Kilangin Timika di Lengkapi Tiga Garbarata

Tampak salah satu garbarata di Bandara Moses Kilangin Timika.

Timika – Tabaos14 | Bandara baru Mozes Kilangin yan terdapat di jalan C Heatubun Timika dilengkapi dengan tiga Garbarata. Selain itu bandara yang memiliki luas sebesar 21.000 m² diketahui dapat menampung sebanyak 4 ribu penumpang.

Kepala Kantor Unit Pelaksanaan Bandar Udara (UPBU) Mozes Kilangin Timika, Soekarjo saat ditemui di Terminal Bandara Moses Kilangin, Rabu (27/7/2022) mengatakan, dari 3 unit garbarata yang disiapkan, baru 1 yang dapat dioperasionalkan.

“Sementara kita masih bertahap mengoperasikan satu garbarata dulu karena kita perlu mentraining para operatornya,”kata Soekarjon.

Menurutnya Garbarata tersebut terdiri dari tiga tunnel, jadi ada yang namanya fix bridge dan ada yang namanya rotunda. Fix bridge di buat sekitar 30 meter, aerobridge sendiri terdiri dari 35 meter ditambah dengan rotunda yang kurang lebih 5 meter.

Sementara terkait jenis pesawat yang dapat mendarat dan menggunakan garbarata, Soekarjo menyebutkan diantaranya adalah Boeing 73-800 NG, Air Bus A320 Neo atau Biasa, Boeing 37- 200, 37-300 dan Air Bus seri 300.

Soekarjo menyampaikan, ke depannya pihaknya akan memperindah interiornya dengan kearifan lokal seperti lukisan dari suku-suku setempat, Kamoro dan Amungme, serta patung-patung ukiran yang menjadi kekhasan seni budaya masyarakat asli Mimika.

Sementara itu, Soekarjo juga mengatakan bahwa pihaknya tidak dapat menargetkan Bandara Moses Kilangin Timika menjadi bandara internasional.

“Sebenernya kami tidak bisa mengatakan target ya. Tetapi mungkin dari pemerintah daerah yang akan mengusulkan itu ke kementerian perhubungan,”ujarnya.

Pos terkait