ASN Mimika Diperintahkan Tetap Masuk Kerja

ASN Mimika Apel Pagi di Sentra Pemerintahan Mimika, Senin (16/03).

TIMIKA – Tabaos14    I    Menyebarnya isu Indonesia dalam darurat endemik Virus Corona di hampir semua wilayah di indonesia menyebabkan Presiden  mengeluarkan pengumuman bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) boleh bekerja dari rumah, disikapi Sekda Mimika, Marthin Paiding bahwa, pengumuman itu memerintahkan ASN Kabupaten Mimika untuk tetap melakukan aktifitas pekerjaannya di kantor seperti biasa.

Hal tersebut disampaikan Sekda Mimiia dalam apel pagi pukul 08.00 di Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Senin (16/3). Menurut Sekda Mimika, Mimika masih dinyatakan aman dan belum ada yang terpapar endemik Virus Corona.

Kabupaten Mimika juga, katanya, belum terdeteksi sebagai Kabupaten yang juga dinyatakan terdeteksi endemik virus Corona secara nasional.

“ASN tetap masuk kantor dan bekerja seperti biasa, sehingga pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan seperti biasa,” kata Sekda.

Menurut Sekda, didaerah-daerah yang sudah dinyatakan endemik itu yang boleh bekerja dari rumah melalui atau secara online atau melalui sitem atau aplikasi yang sudah dibuat. Kabupaten Mimika sendiri, belum dinyatakan endemik dan aman terhadap Covid 19 maka tidak ada alasan lagi ASN untuk tidak masuk kerja dengan alasan Covid19 itu.

“Aplikasi dan sistem untuk pekerjaan yang dilakukan dari rumah juga, kita belum ada. Jadi, kita tetap melakukan pelayanan manual seperti biasa. Kecuali Disdukcapil karena mereka punya aplikasi yang bisa melayani masayarakat,” tuturnya.

Untuk mengantisipasi kemungkinan adanya penyebaran Covid19 melalui kontak badan langsung, Sekda Mimika menyarankan, agar dalam berjabat tangan yang biasanya melakukan dengan kontak tangan langsung diubah dengan salaman yang tidak menggukan kontak tubuh langsung.

“Jadi tidak mengurangi rasa hormat kita antara satu dengan yang lain kalau tidak berjabatan tangan agar menghindari kontak secara langsung,” ujarnya.

Selain itu, Sekda Mimika juga memerintahkan agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar lebih intens, kreatif dan proaktif dalam menghadapi masalah ini. Sehingga, jika nantinya terjadi bisa dilakukan penanganan secara dini dan dilakukan secara baik sesuai dengan prosedur dan tatacara yang sudah ada.

“Marilah kita saling berkoordinasi, terutama untuk OPD terkait jika hal yang tidak diinginkan tersebut terjadi, agar dapat cepat dilakukan penanganan secara dini seuai prosedur dan tatacara yang ada,” pesan Sekda Mimika, Marthin Paiding. (*#/Sam)

Pos terkait