Api PON Akan Di Kirab Oleh Legenda Atletik Keliling Kota Timika, Ini Rutenya

  • Whatsapp
Koordinator Bidang Upacara, Sub PB PON Mimika, Andre Titaley
Koordinator Bidang Upacara, Sub PB PON Mimika, Andre Titaley

Timika – Tabaos14 | Tiba di Mimika dari Kabupaten Biak, api PON akan di kirab oleh legenda atletik Mimika Yulius Uwe yang akan mengelilingi kota Timika.

Yulius Uwe merupakan legenda Atletik Kabupaten Mimika yang merebut medali emas pada tiga kali even Sea games tahun 80an.

Bacaan Lainnya

“Kami usulkan nanti yang membawa api PON saat kirab rencananya legenda atletik Mimika Yulis Uwe,” kata Koordinator Bidang Upacara PB PON SUB Mimika, Andre Titalei di kantor PB PON SUB Mimika, Rabu (22/9/2021).

Untuk rute kirab api PON, Andre menjelaskan, Titik awal Rute kirab api PON XX Papua di Mimika dimulai dari Kuala Kencana menuju Venue Panjat Tebing, selanjutnya menuju Mimika Sports Compleks (MSC), venue Futsal, Venue Biliar.

Setelah dari sana Kirab Api PON XX Papua dibawa menuju kota Timika melalui jalan Cendrawasih SP2, selanjutnya menuju jalan Yossudarso, jalan Hassanudin, jalan Budi Utomo, sampai Bundaran Timika Indah ke kanan jalan Belibis menuju untuk Pentas Seni di Lapangan eks pasar swadaya.

“Setelah tiba di Lokasi Pentas Seni akan ada serimoni sebagai tanda telah berakhir Kirab Api PON XX Papua di Timika. Api PON XX Papua kemudian dibawa kembali menuju Rumah Negara Sp3 dan bermalam disana,” jelasnya.

Sementara sebelum api PON di kirab menurut Andre, api PON akan diterima di Bandara Mozes Kilangin Timika pada tanggal 28 September sekitar pukul 11:20 siang setelah bermalam dari Kabupaten Biak.

Kemudian Api PON dibawa menuju pendopo rumah negara di jalan SP3 dan akan ada upacara penyerahan kepada pemerintah Kabupaten Mimika yang akan diterima langsung oleh Bupati Mimika, Eltinus Omaleng juga selaku ketua Umum PB PON XX Papua Sub Mimika.

“Setelah dilakukan upacara di rumah negara, dilanjutkan dengan kirab Api PON XX Papua keliling Timika. Kirab Api PON XX Papua akan mengitari setiap venue,” tuturnya.

Setelah dilakukan kirab Andre mengungkapkan, nantinya api PON akan di bawa kembali ke pendopo rumah negara untuk bermalam. Selanjutnya tanggal 29 akan dilakukan upacara pelepasan sebelum Api PON XX Papua akan dibawa ke Bandara Mozes Kilangin Timika untuk diantar ke Wamena.

“Di pendopo tempat api PON sudah disiapkan di tungku untuk bermalam sebelum di berangkatkan ke Wamena. Untuk persiapn sendiri sudah 85 persen,” ungkapnya.

Andre menambahkan, untuk pentas seni di lapangan eka pasar Swadaya nantinya ada kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan sosial budaya dan ekonomi.

“Di pentas seni nanti ada panggung hiburan ada tari-tarian dan grup band penyanyi-penyanyi lokal dan pameran kerajinan rakyat yang disiapkan oleh bagian sosial ekonomi,” ujarnya.

Sementara Ketua harian PB PON SUB Mimika Marthen Paiding ditempat yang sama mengatakan, kirab api PON tersebut dilakukan untuk menyemarakkan agenda nasional di Kabupaten Mimika. Sehingga masyarakat ikut menyambut api PON dengan meriah.

“Masyarakat Mimika akan menyambut kedatangan api PON dengan suka cita, pasti lebih ramai nanti,” tuturnya.

Pos terkait