Angka Penurunan Kemiskinan Mimika Nomor Empat Nasional

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE., M.H saat diwawancarai wartawan di acara peresmian gedung baru Kantor Disnakeswan Mimika, Selasa (04/02).

 

TIMIKA – Tabaos14    I    Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE., M.H mengungkapkan bahwa untuk penurunan angka kemiskinan Kabupaten Mimika, kini menduduki urutan ke empat Nasional. Sehingga pernyataan yang mengatakan bahwa, Kabupaten Mimika menduduki lima besar Kabupaten paling miskin penduduknya di Indonesia, itu salah besar dan sangat tidak mendasar.

“Siapa bilang kita miskin, kita urutan ke empat nasional, penurunan kemiskinan itu langsung dari Presiden yang menyampaikan itu tahun 2017, ” ungkap Bupati Omaleng di Kantor Disnakeswan Mimika,” Selasa (04/02).

Menurut Bupati Omaleng, Kabupaten Mimika merupakan salah satu daerah pengelola pertambangan yang ada Indonesia. Sehingga, dengan adanya perusahaan pertambangan yang mengelola hasil tambang maka itu juga berkontribusi menurunkan angka kemuskinan.

“Dengan adanya perusahaan-perusahaan tersebut, kemiskinan yang ada di sini menurun,” tuturnya.

Bupati menegaskan, penurunan kemiskinan di Kabupaten Mimika nampak pada kesejahteraan masyarakat yaitu, bisa menghuni di perumahan yang sehat dan majunya pembangunan pada sektor pertanian, pendidikan dan peternakan yang dilakukan Pemerintah daerah.

“Sepert gizi buruk disini tidak ada, karena Pemerintah perhatikan masyarakat. Sehingga dikatakan miskin itu dari mana,” tegasnya.

Bupati menjelaskan, masyarakat di Mimika masih kental akan tradisi Budaya. Seperti contoh, masih ada yang hanya menggunakan pakaian adat. Itu merupakan budaya bukan berarti disebut miskin. Sehingga, seperti itulah adat dan kebiasaan masyarakat Mimika yang disebut dengan budaya yang hidup alami tetapi bukan miskin.

“Masyarakat tidak pernah susah makan, rumah ada meskipun seperti masyarakat Kamoro yang budayanya tinggal di laut tinggalkan rumahnya. Itu budaya bukan miskin,” jelas Bupati Omaleng. (*#/samone)

Pos terkait