Angka Malaria Tinggi, Distrik Miru Bentuk Kelompok Kerja Malaria

  • Whatsapp
Kepala Dinas Kesehatan Yang Diwakili Oleh Kepala Seksi P2M, Obet Tekege Kepala dan Kepala Distrik Mimika Baru, Ananias Faot Dalam Acara Workshop Pencegahan Dan Pengendalian Malaria Dan Pembentukan Pokja Malaria Distrik Mimika Baru Yang berlangsung di Ruang Kamora Grand Tembaga Jalan Yos Sudarso, Rabu (17/6). Foto : Yondri

TIMIKA – Tabaos14  |  Angka Kasus penyakit Malaria di Kabupaten Mimika ternyata masih tinggi. Rata rata pertahun mecapai 50.000 kasus. Untuk menekan angka tersebut Distrik Mimika Baru menggelar Workshop Pencegahan Dan Pengendalian Malaria Dan Pembentukan Pokja Malaria Distrik Mimika Baru.

Acara tersebut berlangsung di Ruang Kamora Hotel Grand Tembaga Jalan Yos Sudarso, Rabu (17/6).

Bacaan Lainnya

Dalam sambutan Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili oleh Kepala Seksi P2M, Obet Tekege mengatakan angka malaria di Mimika yang cukup tinggi yakni 50.000 per tahun dan tiga kasus paling banyak dilaporkan oleh tiga Puskesmas, yakni Puskesmas Timika, Puskesmas Timika Jaya dan Puskesmas Pasar Sentral.

” Penyakit malaria banyak terjadi pada kelompok umur produktif, pada anak dan bayi, yang dapat menggangu kecerdasan anak,” terangnya.

Meluasnya sebaran COVID-19 di Indonesia mengakibatkan beban ganda pengendalian penyakit, termasuk di Mimika.

Menanggapi pernyataan tersebut, Kepala Distrik Mimika Baru, Ananias Faot mengatakan selain memberi pemahaman terkait pengendalian malaria di tengah pandemi COVID-19 kepada setiap peserta, pertemuan ini juga untuk membentuk Kelompok Kerja (Pokja) sehingga diharapkan di waktu mendatang urusan Malaria menjadi tanggungjawab lintas sektor.

“Tidak sekedar bentuk pokja saja. Tapi harus ada tindak lanjut kerja yang kita kedepan. Baik di Desa, masyarakat, Aparat Keamanan dan lainnya, Ini momen yang paling tepat,” katanya.

Ia berharap, setelah pembentukan ini ada rekomendasi-rekomandasi dan jalan keluar agar penyakit Malaria bisa dicegah.

” Saya harap kita semua bisa berikan solusi, semua kita yang ada di sini. Sehingga bisa kita ajukan ke pimpinan daerah kita,” tandasnya.

Reporter : Yondri

Editor     : Tahir

Situasi Workshop Pencegahan Dan Pengendalian Malaria Dan Pembentukan Pokja Malaria Distrik Mimika Baru, berlangsung di Ruang Kamora Grand Tembaga Jalan Yos Sudarso, Rabu (17/6). Foto : Yondri

 

Pos terkait