Angka Kematian Karena Covid Meningkat Mimika Masuk Zona Hitam

  • Whatsapp
Kepala Dinas Kesehatan Reynold Ubra

Timika – Tabaos14 | Kasus kematian karena Covid-19 di Kabupaten Mimika kembali meningkat menjadi rata-rata 5 orang perhari. Padahal pada dua minggu lalu sudah terjadi peningkatan yang tadinya rata-rata 3 orang menjadi 4 orang perhari dan kini meningkat lagi menjadi 5 orang perhari.

“Saat ini sudah 5 orang perhari ini sejak satu minggu terakhir,” kata Kepala Dinas kesehatan (Dinkes) Mimika Reynold Ubra di hotel Grand Mozza, Jumat (30/7/2021).

Bacaan Lainnya

Menurut Reynold jumlah kematian karena Covid-19 mulai per 1 Juli 2021 hingga sekarang sebanyak 60 orang. Untuk angka kesembuhan turun dan jumlah infeksi baru meningkat serat positivity rate masih tetap diatas 25 % hingga 50 persen perlayanan di wilayah kota Timika.

“Lebih dari 900 pasien isolasi mandiri, untuk total meninggal sekitar kurang lebih 120 orang,” tuturnya.

Reynold mengungkapkan dengan jumlah meninggal itu seharusnya Kabupaten Mimika sudah masuk zona hitam.

“Kita masih zona merah tapi dengan angka kematian ini kita seharusnya sudah diangka hitam,” ungkapnya.

Reynold menambahkan untuk jumlah kematian tenaga kesehatan (Nakes) karena Covid 19 saat ini sudah menjadi 2 orang, setelah satu nakes Puskesmas Kwamki baru meninggal beberapa waktu lalu.

“Nakes sudah dua yaitu tahun 2020 kemarin satu dan tahun 2021 ini yang kemarin baru saja meninggal,” ujarnya.

Kemudian untuk upaya terhadap kematian yang bisa saja terjadi pada pasien yang melakukan isolasi mandiri Reynold mengatakan bahwa pihaknya akan meningkatkan testing dan tracing dan melakukan pengawasan ketat.

“Termasuk kami siapkan pemulasaraan jenazah pasien yang meninggal saat isolasi mandiri. Selain itu akan melibatkan RT, kelurahan, tokoh agama dikampung-kampung agar tidak terjadi stigma meninggal karena Covid,” jelasnya.

Pos terkait