Anggota DPRD Mimika Soroti Pencemaran Sungai Di Pomako

  • Whatsapp
Sampah Menutupi Akar-Akar Mangrove Dan Membuat Mangrove Mudah Mati Di Kampung Poumako, Distrik Mimika Timur, Kabupaten Mimika. (Foto : Ifona Akoha)

TIMIKA – Tabaos14  |  Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Mimika, Yohanis Felix Helyanan,SE prihatin dengan kondisi sampah menutupi akar-akar mangrove dan bisa membuat mangrove mudah mati di Kampung Poumako, Distrik Mimika Timur, Kabupaten Mimika.

Sangat disayangkan begitu banyak sampah yang mengotori sepanjang aliran sungai yang ada di Distrik Mimika Timur lebih khusus yang ada di Kampung Poumako. Saat air pasang tinggi, semua kotoran dan sampah terlihat menutupi aliran sungai. Bahkan sampah ini didominasi sampah plastik,” kata Wakil Ketua II DPRD Mimika, Yohanis Felix Helyanan, saat mengunjungi wilayah itu pada Sabtu (20/6).

Bacaan Lainnya

Jhon Thie, mengatakan banyaknya sampah plastik dan berbagai jenis sampah warga terbawa aliran sungai, dan bisa mengakibatkan kerusakan hutan mangrove di tepian sungai hingga ke muara.

“Akibat sampah bisa menimbulkan kerusakan struktur tanah, merusak bibit mangrove. Sampah ini juga tidak baik untuk kesehatan warga, sebab bisa menjadi sarang nyamuk dan merusak keindahan alam,” ujarnya.

Ia mengajak seluruh warga maupun nelayan yang bermukim di sekitar Sungai di Kampung Poumako untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Janganlah warga membuang sampah ke sungai. Kalau bisa ditampung dan dimusnahkan dengan dibakar lebih bagus daripada dibuang di sungai, ini kan bisa menjadi bibit penyakit,” katanya

Dari pantuan Tabaos14 tampak di sekitar pemukiman warga yang berada di tepian sungai di Kampung Poumako saat air pasang tinggi, seluruh sampah dan kotoran berserakan di sungai dan di sekitar pemukiman warga. Sampah kebanyakan dari sisa botol air mineral, bekas pembungkus mie instan dan sisa sisa sampah rumah tangga lainnya.

Reporter : Ifona Akoha

Editor     : Tahir

Pos terkait