AMSI Latih Jurnalistik Ajak Peran Mahasiwa UNG Gorontalo

Suasana foto bersama Pelatihan Jurnalistik oleh AMSI bagi Mahasiswa UNG Gorontalo, Senin (24/02). (Foto: istimewa)

 

GORONTALO – Tabaos14   I   Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) manfaatkan jalinan kerjasama yang digagas Universitas Negeri Gorontalo (UNG) melatih Jurnalistik, Senin (24/02) di Damhil Hotel, bahkan mengajak peran aktif mahasiswa UNG itu dalam upaya pengecekan fakta proses pilkada.

Ketua AMSI Gorontalo, Verrianto Madjowa yang hadir pada kegiatan itu, ikut memberi materi pelatihan dan mengatakan, pelatihan jurnalistik ini merupakan bagian dari program AMSI Pusat dan AMSI Gorontalo.

“Hal ini untuk membelajarkan setiap mahasiswa agar lebih mengenal apa sebenarnya dunia jurnalistik itu. Termasuk tugas-tugas jurnalis itu sebenarnya,” kata Verri.

Seperti dikutip tabaos14.com dari jaringan member AMSI kronologi.id dijelaskan bahwa pelatihan ini seperti dikatakan Verrianto, AMSI Gorontalo juga dimaksudkan agar dapat dilakukan program cek fakta dalam menangkal berita-berita hoaks yang banyak menyebar di media sosial.

“Hal itu juga akan dilakukan dalam pemantauan berita-berita dalam Pilkada Serentak yang akan dilakukan di sejumlah daerah di Indonesia bahwa di tiga daerah di Gorontalo,” tuturnya.

Dia mengungkapkan, setiap mahasiswa juga bisa bergabung ke dalam tim cek fakta ini. Karena, menurutnya, perlu keterlibatan semua pihak, termasuk mahasiswa dalam menangkal informasi hoaks.

“Kalau ada mahasiswa yang ingin sama-sama bergabung di tim cek fakta, itu sangat bisa, karena kita sangat membutuhkan itu. Karena tujuannya kita adakan untuk menangkal berita-berita hoaks yang menyebar di media sosial,” pesannya.

Dalam pelatihan itu juga, disampaikan materi jurnalisme televisi oleh Direktur Mimoza TV, Hadi Sutrisno Daud. Bahkan Foto Jurnalistik oleh fotografer Kantor Berita Antara, Adiwinata.

Dikatakannya, AMSI Gorontalo juga akan bekerjasama dengan Universitas Negeri Gorontalo demi pengembangan sumber daya manusia, di bidang jurnalistik.

“Ketika kerjasama ini sudah terjalin, mahasiswa UNG bisa melakukan magang di media-media yang tergabung di AMSI Gorontalo,” ujarnya.

Tak hanya itu, AMSI Pusat juga memfasilitasi setiap mahasiswa UNG ketika ingin magang di salah satu media nasional di Jakarta.

“Jadi, ketika ada mahasiswa yang ingin magang di Jakarta itu bisa. AMSI Pusat bisa memfasilitasinya,” kata dia.(Sarjan/Zul/samone)

Pos terkait