Alasan Belum Aman Bupati Belum Izinkan Pengungsi Untuk Kembali Ke Tembagapura

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengungkapkan, belum mengizinkan pengungsi dari kampung banti untuk kembali ke kampung mereka.
Menurut bupati, wilayah tersebut masih rawan sehingga aparat keamanan masih terus melakukan pengamanan di wilayah itu.

“Ini soal faktor keamanan, pada saat itu terjadi gangguan keamanan dimana terjadi teror penembakan oleh TPN OPM,” kata bupati, Jumat (16/7) kemarin usai melakukan pelantikan pejabat eselon di pendopo rujab bupati Mimika.

Muat Lebih

Bupati mengatakan, yang jadi persoalan jika masyarakat tetap memaksakan untuk kembali kampung halaman mereka adalah soal jaminan kemanan.

“Kalo mereka memang memaksakan jaminannya apa dulu, klo memang sudah tidak terjadi kontak tembak tidak jadi persoalan,” katanya.

Untuk itu bupati mengharapkan agar masyarakat tetap tenang hingga situasi betul betul aman. Pasalnya saat terjadi kontak tembak beberapa waktu lalu masyarakat sendiri yang menginginkan agar mereka diungsikan.

“Masyarakat sendiri yang berkeinginan untuk turun ke Timika, jadi kalau memang tetap memaksakan mau kembali jaminannya apa dulu,” ujarnya.

Seperti diketahui para pengungsi ini merupakan warga yang dievakuasi Bulan Maret lalu akibat kontak senjata antara aparat keamanan dan pihak KKSB. Jumlah mereka diperkirakan sekitar 1300 jiwa.

Reporter : Ifona Akoha
Editor : Tahir

  • Whatsapp