Akhir 2021 ASN Eselon III Dan IV Siap-Siap Dialih Fungsikan Jadi Pegawai Fungsional

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Tahun 2022 Aparatur Sipil Negara (ASN) di seluruh indonesia untuk eselon III dan IV dilingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika akan dihilangkan atau dialih fungsikan dari Struktural ke fungsional. Hal tersebut akan di berlakukan pada tanggal 30 Desember 2021.

“Jadi Januari 2022 operasional sudah berjalan. Dan aturannya begitu, cuma kembali ke pimpinan daerah, tapi ini memang aturan ketat dan wajib dari pusat,”kata kepala bagian (Kabag) Ortal Leonard Kareth di kantor Bappeda, Kamis(10/6/2021).

Bacaan Lainnya

Leonard menjelaskan nantinya setelah berubah menjadi pegawai fungsional sistim kerja, penghasilan dan lainnya tidak berubah. Huma bagaimana supaya lebih ke ukuran kinerja. Maka dalam tahap ini sementara ada evaluasi dan validasi terkait dengan eselon IV. “Kita sudah sampaikan ke provinsi pada tanggal 1 Juni kemarin,”jelasnya.

Menurutnuya dari pihak provinsi juga masih meminta pihaknya untuk wajib melengkapi data eselon III sebelum batas akhir tanggal 30 Juni serta wajib menempuh pendidikan Strata II(S2). “Jadi eselon III ini wajib S2, supaya nanti dia bisa menyandang suatu jabatan atau gelar yang namanya ahli madya ketika dialihkan dari struktural ke fungsional . Walaupun di eselon III tapi belum S2, maka gelar jabatannya ahli muda,”tuturnya.

Untuk berapa jumlah eselon III dan IV yang akan dialih fungsikan Leonard mengungkapkan bahwa, sampai saat ini pihaknya masih sementara masih di data dan belum bisa dipastikan. “Jadi untuk eselon IV sudah semua, tinggal kita tunggu data yang eselon III ini sementara masih digodok oleh staf kami,”ungkapnya.

Leonard menambahkan tanggal 15 Juni nanti dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi(Kemenpan RB) bersama Kemendagri akan bertemu dengan Sekda dan pejabat terkait di seluruh Papua dan bertempat di Jayapura. “Untuk samakan serta serasikan pemahaman tentang alih fungsi tersebut,”ujarnya.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait