AKB Pemkab Mimika Sepakat Buka Sekolah Khusus Untuk Kelas VI IX Dan XII

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Adaptasi Kebiasaan Baru di Kabupaten Mimika kembali diperpanjang hingga 30 hari, selain itu Pemkab Mimika akan membuka sekolah tatap muka tetapi khusus untuk siswa kelas VI, IX dan XII. Untuk sekolah tatap muka tersebut teknisnya ada di Dinas Pendidikan (Disdik) Mimika.

Keputusan perpanjangan AKB dan membuka sekolah tatap muka tersebut diputuskan melalui kesepakatan bersama antara Pemkab Mimika dalam hal ini Satgas Covid dan Forkopimda, dalam rapat evaluasi bersama di hotel Grand Mozza, Senin (15/3/2021).

Bacaan Lainnya

Perpanjangan tersebut tertuang dalam Kesepakatan Bersama nomor 443.1/124, tentang pencegahan, pengendalian, dan penanggulangan Covid-19 AKB di Kabupaten Mimika.

Bupati Mimika dalam arahannya mengatakan, dibukanya sekolah tatap muka karena akan dilaksanakannnya ujian sekolah, yang akan digelar untuk tahun ajaran 2020/2021. Maka dari itu menurutnya perlu dilakukan pembelajaran yang lebih intensif.

“Anak-anak yang mau ujian ini harus sekolah makannya sekolah tatap muka harus di buka. Untuk teknisnya nanti Dinas Pendidikan yang atur bagaimana supaya yang ujian ini bisa belajar dengan baik,” tutur Bupati.

Bupati meminta jika sekolah tatap muka untuk kelas IV, IX dan XII dilakukan nantinya juga harus disiapkan metode dan pengawasannya dengan mengikuti protokol kesehatan. Hal tersebut jangan sampai sekolah dibuka para siswa banyak yang terkena virus.

“Buat yang ujian bisa di buka tapi atur dan awasi baik-baik, semua pihak terkait harus lakukan lengawasan dengan baik. Mereka mau ujian dan harus lulus dengan nilai yang baik,” ungkap Bupati.

Selain dibukanya sekilah tatap muka untuk kelas VI, IX dan XII aturan kesepakatan bersama lainnya masih sama dengan kesepakatan sebelumnya yaitu, dimana aktivitas masyarakat di luar rumah dapat berlangsung mulai pukul 06.00 s/d 22.00 WIT dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, tempat-tempat hiburan malam dan rumah bernyanyi beroperasi
pukul 06.00 s/d 22.00 WIT.

Fasilitas publik seperti kantor, tempat peribadatan, pasar, mall, toko, kios, restoran, dan hotel beroperasi mulai pukul 06.00 WIT s/d 22.00 WIT sesuai dengan protokol kesehatan.

Kemudian khusus untuk fasilitas kantor pemerintah dan swasta, mall, tempat peribadatan, restoran, hotel, termasuk fasilitas ruang pertemuan yang disewakan wajib membentuk Kelompok Kerja (Pokja) COVID-19 internal.

Sementara untuk acara pernikahan dan acara syukuran agar memenuhi ketentuan, wajib memakai masker, panitia menyediakan tempat cuci tangan dan/atau hand sanitizer, penempatan tempat duduk berjarak minimal 1 (satu) meter, undangan tidak melebihi 50% (lima puluh persen) dari kapasitas ruangan, jamuan makan disediakan dalam kemasan kotak (bukan prasmanan).

Masyarakat yang menggunakan jasa angkutan udara/penerbangan, angkutan laut yang masuk ke Kabupaten Mimika dari Pulau Jawa dan Bali wajib membawa surat keterangan non reaktif hasil uji Rapid Test Antigen. Selain dari Pulau Jawa dan Bali wajib membawa surat keterangan non reaktif hasil uji Rapid Test Antibodi.

Sedangkan untuk aktivitas perkantoran pemerintah maupun swasta maksimal diisi 25 persen pegawai dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, dan 75 persen lainnya bekerja dari rumah a tau work from home. Dan jam kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Honorer dimulai pukul 08.00 WIT s/d 13.00 WIT.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait