Adaptasi Hidup Baru Poltekam Tetap Terapkan Protokoler Kesehatan

  • Whatsapp

TIMIKA – TABAOS14  |  Wakil Direktur I Bidang Akademik Politeknik Amamapare, Jimmy Rungkat, M.Th., M.Div mengatakan sejak pandemik Covid-19 melanda Mimika, jajarannya sudah menerapkan langkah-langkah untuk mengantisipasi penularan Covid-19 di lingkungan kampus.

“Sewaktu protokol Covid-19 diterapkan, kami langsung terapkan belajar dari rumah bagi mahasiswa serta bekerja dari rumah bagi para dosen dan staf,” tuturnya kepada tabaos14 saat ditemui di Kampus Politeknik Amamapare, Selasa (23/6).

Bacaan Lainnya

Hingga saat ini, pihak kampus masih tetap melaksanakan protokol bahkan meningkatkan standarnya di kampus. Seperti wajib masker, cuci tangan dan menjaga jarak fisik di lingkungan kampus. Bahkan untuk saat ini, pihak kampus lebih mengutamakan pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur online.

“Kita tidak mau ambil resiko, sehingga pendaftaran jalur online lebih kami utamakan. Namun ada juga jalur langsung, itu hanya khusus bagi calon mahasiswa yang tidak dapat akses internet,” tuturnya.

Jimmy mengaku selama masa pandemik ini, mahasiswanya tetap menjalankan praktik lapangan dengan pengawasan dari para dosen namun dengan protokoler Covid-19 yang ketat.

“Praktik tetap dijalankan tapi melihat sisi kebutuhan penajaman kompetensi mahasiswa dan tetap secara ketat melaksanakan protokoler covid. Praktiknya atas inisiatif dosen yang sudah ada di Rencana Pembelajaran Semester,” terangnya.

Dikatakannya, bahkan saat ini Politeknik Amamapare (Poltekam) akan bekerjasama dengan sebuah perusahaan eksplorasi untuk uji sample tanah yang selama ini dikirim ke Kalimantan. Pasalnya, kampusnya sekarang sudah memiliki tools dan sumber daya manusia yang mumpuni. Namun kendala saat ini yang dihadapi Poltekam adalah menurunnya pendaftar calon mahasiswa baru dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Pendaftar untuk calon mahasiswa baru saat ini sangat minim. Jumlahnya bahkan tidak mencapai jumlah target dan kapasitas gedung kampus,” pungkasnya.

Untuk diketahui, hingga saat ini Politeknik Amamapare memiliki empat Program Studi unggulan, yakni Teknik Elektro, Teknik Pertambangan, Teknik Sipil dan Teknik Mesin.

Reporter        : Yonri

Editor          : Tahir

Pos terkait