Adaptasi Hidup Baru 140 Karyawan Freeport Diberi Kesempatan Cuti

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14 | Meski saat ini Distrik Tembagapura masih berstatus zona merah kasus aktif Covid-19. Manajemen PT Freeport Indonesia (PTFI) memberi kesempatan cuti kerja kepada karyawan yang telah lama tertahan di tembagapura, selama pandemic Covid 19 mewabah di Timika.

Manager External Communication Corcom PTFI, Kerry Yarangga, menjelaskan, mobilisasi karyawan dalam rotasi ini adalah karyawan yang akan turun menjalani cuti di Timika dan berangkat ke kota asal para karyawan. Sekitar 140-an karyawan pada telah mengikuti rotasi kerja.

Muat Lebih

“Rotasi ini adalah dalam konteks, bagaimana mengatur bisa supaya ada kesempatan teman-teman yang bekerja sudah cukup lama di atas (Tembagapura, red) bisa ada kesempatan cuti, dan ini diatur jangka waktunya,” tutur Kerry saat ditemui di Resto 66 Cendrawasih, Sabtu (28/6).

Menurut Kerry, rotasi jadwal kerja yang diberikan kepada karyawan, yakni enam minggu kerja dan empat minggu istirahat. Namun sebelum rotasi terlebih dahulu seluruh karyawan mengikuti tes swab dan rapid test. Hal ini untuk memastikan bahwa karyawan yang akan turun ke Timika benar benar sehat. Pemilihan waktu yang ditetapkan PTFI juga mengacu pada masa inkubasi sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan Pemerintah.

“Jadi tidak serta merta keputusan ini diambil begitu saja. Tapi semua itu ada pertimbangan-pertimbangan. Prinsipnya adalah kita mengurangi kepadatan, lalu kegiatan populasi di tempat kerja tapi juga kita memperhatikan dan hak-hak karyawan,” tuturnya.

Menurutnya, setiap pekerja di dunia pertambangan butuh waktu istirahat. Dengan rotasi kerja, maka hak tersebut dapat terpenuhi.

“Bagi pekerja yang kebutuhan secara esensial mematuhi aturan bisnis PTFI. Dalam hal mata rantai produksi tambang kita harus tetap berlangsung,” katanya.

Untuk diketahui, dalam laporan Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Covid-19 (TGTPP), Sabtu (27/6) disebutkan bahwa Distrik Tembagapura masuk dalam kategori zona merah kasus aktif Covid-19. Jumlah kasus aktif saat ini di Tembagapura sebanyak 26 orang.

Reporter : Ifona Akoha/ Yonri
Editor : Tahir