Abai Protokol COVID-19 di Pusat Perbelanjaan, Warga Dihimbau Promosi New Normal

  • Whatsapp

TIMIKA – Tabaos14  |  Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian COVID-19 (TGTPP) Kabupaten Mimika dalam Inspeksi mendadak pada Sabtu, (6/6) masih mendapati adanya ketidak sadaran masyarakat dalam pencegahan penularan COVID – 19 di pusat-pusat perbelanjaan moderen, di Timika.

Juru bicara TGTPP, Reynold Ubra dalam Video Conference, Senin (8/6) mengatakan bahwa dirinya dan tim masih mendapati sejumlah orang yang tidak memakai masker saat mengunjungi pusat perbelanjaan.

Bacaan Lainnya

“Pertanyaannya apakah perlu kita bikin protokol kesehatan lagi? Di tempat-tempat umum itu kami perhatikan di pusat perbelanjaan moderen, sebuah keluarga pergi berbelanja. Ibu dan bapak menggunakan masker, tapi anaknya, bayinya, balitanya itu tidak digunakan masker. Ini jadi persoalan,” tegas Reynold.

Saat SIDAK hari Sabtu kemarin, didapati juga bahwa sebuah pusat perbelanjaan sudah menyediakan cairan Desinfektan yang menurutnya cukup baik sebagai langkah pencegahan. Namun ada beberapa hal yang juga dibutuhkan terutama dari pihak individu untuk diperhatikan, yakni masih didapati balita yang tidak menggunakan masker.

“Kami melihat ada cairan Desinfektan ditaruh di situ, namun itu lama kelamaan itu tidak menjadi efektif. Karena banyak hal yang harus diterapkan di situ, terutama anak-anak yang berusia kurang dari satu tahun masih tetap ada di dalam situ, di dalam pusat perbelanjaan dan tidak menggunakan masker,” terangnya

Oleh karenanya, Reynold menghimbau semua pihak untuk turut bersama-sama mempromosikan pelaksanaan New Normal, yakni menggunakan masker, menjaga jarak dan sesering mungkin mencuci tangan di bawah air mengalir minimal 20 detik dalam rangka pencegahan penularan COVID-19 di Kabupaten Mimika.

“Tim medis sudah mampu untuk menyembuhkan orang, tim medis sudah mampu untuk bagaimana mendeteksi, merawat, mengisolasi, tantangan terbesar hari ini kepada tantangan tatanan sosial kemasyarakatan baik di tingkat kepercayaan, sikap maupun perilaku. Ini menjadi penting. Oleh karena itu, kami mengajak masyarakat bekerjasama dengan Tim Gugus Tugas dengan cara melaksanakan apa yang sudah disampaikan oleh Tim Gugus Tugas,” harap Reynold. (Yonri)

Pos terkait