Dua Atlet Panjat Tebing Papua Asal Mimika Jadi Perhatian Bupati Mimika

Erna Junita Yarangga dan Maria Jeklin Heatubun di Pusdiklat TC PON Panjat Tebing Karanganyar – Jawa Tengah. (Foto: Istimewa)

KARANGANYAR – Tabaos14   I    INILAH dua putri Papua asal Kabupaten Mimika yang masuk dalaman catatan atlet Panjat Tebing TC PON Papua, Erna Junita Yarangga dan Maria Jeklin Heatubun kini menjadi perhatian Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE., M.H yang juga Ketua Umum Sub PB PON XX Papua Cluster Mimika.

Itu karena kedua atlet yang lahir dan besar di Timika itu, Maria lahir 11 Agustus 1998, Erna lahir pada 28 Juni 2001 yang meskipun terbilang baru. Namun mampu menunjukan indikator terukur pencapaian pelatihan di pusat pelatihan TC PON di Karanganyar, Jawa Tengah.

Sejak November 2019 lalu, keduanya resmi bergabung dalam tim TC PON Papua. Saat ini, Erna dan Maria sedang menjalani TC dan berlatih keras di pusat Pelatihan Panjat Tebing di Karanganyar, Jawa Tengah.

Sangat sederhana namun sejarah siap mencatat, keduanya adalah atlet panjat tebing pertama asal Timika. Di masa-masa mendatang, namanya akan diingat sebagai cikal bakal atau perintis olahraga Panjat Tebing Kabupaten Mimika – Papua. Maria di nomor Lead, dan Erna di nomor Boulder.

Membuktikan komitmennya memotivasi atlet, Bupati Mimika selaku Ketua KONI Mimika, Eltinus Omaleng mengambil kebijakan dengan memberikan insentif, khususnya bagi atlet yang masuk TC PON Papua.

“Itu sudah menjadi komitmen dari pak Bupati selaku Ketua KONI Mimika untuk memberikan insentif tambahan agar atlet Mimika bisa berprestasi,” kata Sekretaris Umum KONI Mimika, Cessar Avianto Tunya, Kamis (12/03).

Cabang Olahraga (Cabor) Panjat Tebing memang terbilang olahraga baru di Timika. Pengurus Kabupaten (Pengkab) Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Mimika baru saja dilantik dan disahkan sebagai anggota KONI Mimika, di 2019 lalu.

Fakta itu membuktikan, betapa beratnya beban target. Terlebih untuk harus memperebutkan medali emas kepada Maria dan Erna, tentu bukanlah suatu harapan yang bijaksana. Meski, Ketua Pengprov FPTI Papua, Hasan mengakui progres keduanya selama masuk TC PON cukup signifikan.

Atlet panjat tebing TC PON Papua berjumlah 16 orang. Diantaranya, 14 atlet sudah lebih dulu masuk pusat pelatihan, Erna dan Maria baru masuk November 2019 kemarin. Hal itu, kata Hasan, memacu keduanya berlatih keras mengejar ketertinggalan dari rekan-rekannya.

“Peningkatannya ada dan itu terukur. Paling penting Erna dan Maria disiplin dan mau dengar kata pelatih. Harapan kita, mereka bisa bikin bangga Mimika. Apalagi Mimika kan tuan rumah panjat tebing PON,” kata Hasan.

Seperti diketahui, Mimika jadi tuan rumah Cabor Panjat Tebing PON XX Papua 2020. Venuenya sementara dibangun di daerah SP2-SP5, tak jauh dari Mimika Sport Complex.

Panjat Tebing merupakan salah satu cabor unggulan Indonesia saat ini. Atlet-atlet Panjat Tebing nasional, sudah berkali-kali mengharumkan nama Indonesia di kejuaraan-kejuaraan nasional.

Semua masyarakat Kabupaten Mimika, tentu menaruh harapan besar pada kedua atlet Panjang Tebing asal Mimika, Erna Jarangga dan Jacklin Heatubun. Optimisme dibangun segenap warga Mimika untuk kemampuan atlet Panjang Tebing Mimika, termotivasi menunjukkan yang terbaik bagi Mimika dan Papua dalam PON XX Papua di Cluster Mimika. Salam Olahraga… Jaya. Papua…. Juara. Timika… Torang Bisa. (Sam)

Pos terkait