71 Calon DPRP Selesai Lakukan Tes Wawancara

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Mimika, Petrus Lewa Koten.

TIMIKA – Tabaos14    I    Sedikitnya ada sebanyak 71 peserta calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRD) dari empat Kabupaten, Selasa (03/03) silam, telah selesai melakukan tes wawancara yang di laksanakan di Serayu Hotel.

Tes wawancara itu merupakan tes terakhir oleh panitia seleksi Provinsi Papua, sehingga ke 71 peserta itu tinggal menunggu pengumuman dari Tim seleksi itu tentang siapa saja yang lulus tes seleksi DPRP.

“Tes wawancara kemarin mereka telah dilaksanakan oleh tim yang diketuai, Septinus Saa, dosen FISIP Uncen,” kata Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Mimika, Petrus Lewa Koten di Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Jumat (13/03).

Menurut Petrus, setelah mengikuti tes wawancara, tidak ada lagi tes lanjutan tes wawancara itu tes terakhir dan sifatnya sudah final. Selesai itu, keputusan ada di tim seleksi yang dari Jayapura.

“Pelaksanaan tes wawancara sendiri dilaksanakan selama satu hari yang dibuat di Timika. Hanya sehari saja. Mereka tinggal tunggu hasil keputusannya saja,” tuturnya.

Terkait mengapa dilakukan tes wawancara di Kabupaten Mimika dan diikuti oleh empat Kabupaten, Petrus menjelaskan karena 71 calon yang lulus administrasi yang di wawancara berdasarkan wilayah kedekatan jarak. Jadi ada empat kabupaten yang melaksanakan tes wawancara di Mimika. Diantaranya Asmat, Puncak, Puncak Jaya dan Mimika sendiri.

Terkait rekomendasi dari lembaga adat yang dilakukan sebelum dilakukannya tes itu, menurut Petrus hal itu tidak ada masalah dan sah sah saja. Pasalnya, rekomendasi diberikan kepada orang yang ditunjuk oleh lembaga adat pada saat sebelum pelaksanaan tes.

“Selebihnya, untuk hasilnya itu tidak ada lembaga masyarakat yang beri rekomendasi karena rekomendasi itu hanya diberikan saat awal saja, saat pemberkasan. Karena, hasilnya dari Pansel di Jayapura,” ujarnya. (*#/Sam)

Pos terkait