Longsor di Distrik Tembagapura, Akses ke Kampung Banti Terputus

Kapolsek Tembagapura AKP Hermanto bersama beberapa orang saat meninjau lokasi longsor. (Foto: Istimewa).

 

TEMBAGAPURA – Tabaos14    I     Akses jalan dari Tembagapura ke Kampung Banti Distrik Tembagapura, Sabtu (01/02) sekitar Pukul 10.00 WIT terputus. Daerah yang berada di ketinggian 2500 mdpl itu diguyur hujan sejak hari, Jumat (31/01) hingga mengakibatkan longsor di sekitaran Kampung Utikini Lama.

Akibatnya, akses jalan menuju Kampung Banti lumpuh total.

Kejadian longsor bermula saat warga yang berada di sekitar Kampung Utikini Lama melaporkan terjadinya longsor yang menutup jalan, sehingga kendaraan tidak bisa melewati jalan tersebut.

Mengetahui kejadian tersebut, Kapolsek Tembagapura, AKP Hermanto melakukan koordonasi dengan management PT Freeport untuk menurunkan alat berat ke lokasi longsor dan membuka akses jalan ke Kampung Banti

Tak lama terlihat dua (2) unit Exavator dan satu (1) unit Doser diturunkan ke lokasi longsor dan melakukan pembersihan terhadap material yang menutupi badan jalan, berselang beberapa saat akses jalan kembali dibuka.

Kapolsek Tembagapura, AKP Hermanto mengatakan, terjadinya longsor karena hujan yang mengguyur Tembagapura sejak hari Jumat kemarin.

“Iya, longsor karena hujan,” kata Hermanto.

Ia menjelaskan, saat ini akses jalan mulai dibuka, setelah material yang menutupi jalan telah dipindahkan.

“Akses sudah dibuka kembali,” jelasnya. (Mrc)

Pos terkait