50 Pos Peka Di Mimika Menerima Alat Bantuan Keamanan

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Sebanyak 50 Pos Peduli Keamanan (Peka) di wilayah Hukum Polres Mimika telah menerima alat bantuan kemanan berupa senter, borgol, rompi, masker dan tongkat, Kamis (11/3).

Alat bantuan tersebut diterima langsung oleh masing masing petugas bhabinkamtibmas yang menjadi pendamping Pos Peka di beberapa wilayah di Mimika.

Bacaan Lainnya

Plt Kabag Ops Polres Mimika AKP Ahmad Dahlan mengatakan, alat bantuan keamanan ini untuk membantu para petugas jaga yang ada di Pos Peka guna melakukan tindakan awal jika mendapati gangguan kamtibmas.

“Semisal adanya gangguan dari orang mabuk, pencuri maupun kejahatan lain, maka para penjaga Pos Peka dapat melakukan tindakan awal berupa borgol hingga melakukan penangkapan menggunakan alat bantu keamanan tersebut kemudian melaporkankannya kepada Kepolisian terdekat untuk dilakukan tindakan hukum selanjutnya,” kata Dahlan Kamis (11/3).

Dahlan mengatakan, anggota kepolisian khususnya Bhabinkamtibmas sebagai fungsi kontrol wajib menjalankan tugasnya yaitu setiap malam melaksanakan sambang ke Pos Peka dan hasilnya dapat dilaporkan kepada pimpinan guna dijadikan bahan evaluasi tugas.

“Anggota yang menjadi pendamping ini setiap malam menyambangi pos termasuk anggota kepolisian yang piket melakukan patroli, kemudian nantinya melaporkan untuk bahan evaluasi,”katanya.

Dahlan mengatakan, selain dari itu, personel yang bertempat tinggal berdekatan dengan juga diwajibkan mengunjugi dan bersilaturahmi ke Pos Peka guna terjalin kemitraan yang baik antara Kepolisian dan masyarakat.

“Itu wajib jika ada anggota kepolisian yang tinggal berdekatan, agar bias terjalin kemitraan sekaligus juga membantu warga yang berjaga di pos jika terjadi hal hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Dahlan berharapa, semoga pemberian alat keamanan ini mampu memaksimalkan peran Pos Peka dalam membantu tugas-tugas Kepolisian di tempat tinggal masing-masing. “Adapun jumlah alat yang dibagikan kepada 50 pos peka yakni Masing-masing pos mendapat tongkat 1 buah, borgol plastik 2 buàh, rompi 3 buah, center 2 buah dan masker 5 buah,” katanya.
Reporter/Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait