4.396 KPM DI Pesisir Dan Pedalaman Akan Terima BST 2021

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Bantuan Sosial Tunai (BST) tahun 2021 tahap 10,11 dan 12 di 12 Distrik wilayah pesisir dan pegunungan siap di salurkan kepada masyarakat di 12 Distrik. Hal tersebut karena PT. POS Indonesia menyerahkan BST secara simbolis kepada 12 Kepala Distrik yang disaksikan secara langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Mimika Johannes Rettob di hotel Grand Tembaga, Senin (1/3).

BST disalurkan melalui Kantor Pos, selanjutnya diberikan kepada Pihak Distrik untuk kemudian diberikan kepada pihak kampung untuk memberikan bantuan itu kepada masyarakat penerima manfaat. Total alokasi bantuan BST dari Kementerian Sosial tersebut sebesar 3 miliyar.

Bacaan Lainnya

Dari total 5.752 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tersebut 4.396 diantaranya disalurkan kepada 12 Distrik yang berada di wilayah pegunungan dan pesisir sementara 1.356 sisanya disalurkan kepada yang berada di wilayah kota Mimika.

Kepala Kantor PT. Pos Indonesia cabang Mimika, Ronald Luarmasse dalam sambutannya menjelaskan bantuan BST merupakan bantuan dari Kementerian Sosial bagi masyarakat yang terdampak covid-19, berupa uang tunai. Total KPM di Kabupaten Mimika 17.256 dengan rincian KPM yang menerima bantuan sebanyak 5.752 pertahap.

“Teknisnya, bantuan uang tunai tersebut disalurkan melalui tiga tahap, dengan total per tahapan nya Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan menerima uang sebesar Rp 300 ribu. Jika diakumulasikan maka dari tiga tahap KPM akan menerima uang sebesar Rp 900 ribu.” Katanya.

Ronald berharap bantuan tersebut dapat disalurkan dengan baik oleh Kepala Distrik karena penyaluran tersebut akan diaudit oleh pihak provinsi dan juga pemerintah pusat. “Kami mohon setelah penyerahan ini diberikan sesuai dengan KPM, karena beberapa waktu lalu kami juga diperiksa dengan Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi (BPKP),” tutur Ronald.

Sementara Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob yang juga hadir dalam penyerahan tersebut berpesan kepada seluruh kepala distrik yang hadir untuk menyerahkan bantuan tersebut sesuai dengan data KPM yang telah diverifikasi. “Kalau bantuannya itu 300 ribu, kasih semua ke yang menerima, jangan ada potong-potong lagi,” tegasnya.

Wabup meminta agar tidak ada yang melenceng dalam penyerahan bantuan baik itu dari pihak Kantor Pos ke Pihak Distrik, dan Pihak Distrik kepada Kampung harus ada berita acara juga laporkan pertanggung jawaban ketika sudah diserahkan. “Saya minta dalam 30 hari bantuan tersebut sudah tersalurkan kepada masyarakat dan disertai laporan pertanggung jawaban,” ujarnya.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait