2675 KK Di Kabupaten Mimika Terima BLT

  • Whatsapp

TIMIKA – Tabaos14 | Bantuan Sosial Tunai atau Bantuan Langsung Tunai tahap pertama secara resmi disalurkan kepada warga yang berstatus Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Rabu (27/5).

Kepala Kantor Pos Timika, Ronald Luarmasse, Khusus untuk Distrik yang berada di seputaran Kota Timika terdapat 6 Distrik yang terdiri dari 2556 KPM. Sedangkan wilayah pegunungan dan pesisir sebanyak 119 KK sebagai penerima bantuan sosial ini.

Bacaan Lainnya

” Sedangkan yang kita bayarkan sekarang, mulai hari ini kita bayar sampai tanggal 5 Juni 2020. Untuk Distrik Mimika Baru, ada 1319 KPM. Distrik Wania, 579 KPM. Kwamki Narama ada 273. Iwaka 126. Kuala 119. Mimika Timur 137,” terang Ronald.

Ronald menjelaskan, untuk Bansos Tunai tahap kedua diharapkan dapat terealisasi pada pertengahan Bulan Juni setelah pihaknya mendapat instruksi dari Kantor Pos pusat. Kemudian, untuk tahap ketiga, pihaknya masih menunggu data KPM yang akan diterima dari Kementrian Sosial. Lanjutnya, hingga saat ini, belum ada penambahan data KPM.

“Entah nanti ada usulan dari Pemda untuk ditambah, itu kita kurang tahu persis. Yang jelas untuk saat ini kita diperintahkan membayar kepada 2675 KPM,” terang Ronald.

Untuk biaya yang disalurkan di tahap pertama sebesar Rp. 600.000,00 (enam ratus ribu rupiah) per KPM. Penyaluran dilakukan dengan tiga tahap, sehingga dihitung akan mencapai Rp. 1.800.000,00 (satu juta delapan ratus ribu rupiah) per KPM.

“Semua data KPM diperoleh dari Kementerian Sosial kemudian dikirimkan ke Kantor Pos pusat di Bandung. Dari Kantor Pos Pusat lalu disalurkan ke masing-masing Kantor Pos di Kabupaten

Ronald mengakui keterlambatan penyaluran Bansos Tunai karena beberapa faktor teknis serta melalui beberapa rapat koordinasi dengan berbagai pihak.

“Karena memang datanya agak terlambat dari pusat, kita baru terima Hari Minggu, 17 Mei 2020, kita pertemuan dengan Dinas Sosial, kemudian koordinasi dengan Bupati, Kapolres, Dandim dan kepala-kepala distrik. Kemudian kita sebarkan surat pemberitahuan untuk penerima bantuan,” terang Ronald.

Ronald juga menjelaskan bahwa masing-masing KPM sudah memegang surat pemberitahuan, sehingga diharapkan KPM tersebut dapat membawa surat pemberitahuan dengan melampirkan KTP untuk mendapatkan Bansos Tunai di Kantor Pos.

“Jadi kalau datang ambil (bantuan) harus bawa surat pemberitahuan itu. Juga dilampirkan dengan Kartu Tanda Penduduk,” jelasnya.

Untuk diketahui masyarakat Timika, Bantuan Sosial merupakan program khusus dari Kementrian Sosial dalam membantu warga yang terdampak akibat Covid-19 seperti kehilangan pekerjaan atau penghasilannya berkurang. Penyaluran Bansos Tunai hanya dilakukan di Kantor Pos Pusat Timika, Jalan Yos Sudarso Timika. Sedangkan untuk cabang yang ada di Tembagapura dan Kuala Kencana serta loket-loket pos lainnya tidak melayani penyaluran Bansos Tunai. (Yonri)

  • Whatsapp

Pos terkait