26 Ribu Warga Mimika Sudah Di Vaksin, 1 KIPI Serius. 12 Terpapar Covid

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Secara keseluruhan cakupan Dinas Kesehatan (Dinkes) sudah sebanyak hampir 60 persen warga Mimika sudah disuntik vaksin mulai dari dosis pertama mupun kedua.

Dari dari total tersebut ditemukan satu Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) serius dan 5 KIPI non serius. Data tersebut dari hasil evaluasi pelaksanaan vaksinasi Covid 19 di Mimika.

Bacaan Lainnya

“Dari base line data kami pada evaluasi hari ini sudah kurang lebih 26 ribu warga yang sudah di vaksin. Itu baru data dari Puskesmas belum dari Rumah Sakit,”kata Kepala Dinkes Mimika Reynold Ubra usai mengikuti rapat evaluasi vaksinasi di hotel Grand Tembaga, Rabu (9/6/2021).

Reynold mengakui bahwa dari 26 ribu lebih yang sudah di suntik vaksin tersebut ada 12 orang terpapar Covid pasca di suntik vaksin. Dari 12 orang tersebut 11 orang tersebut terpapar Covid dengan gejala ringan bahkan tanpa gejala dan 1 orang terpapar dengan gejala sedang.

Tetapi Reynold mengungkapkan bahwa meskipun sudah disuntik vaksin masih bisa terpapar Covid tetapi menunjukkan bahwa 90 persen yang masih bisa terpapar tersebut hanya gejala ringan. Hal tersebut yang disebut heart imunity.

“Bayangkan yang tidak di vaksin terus terpapar, kita lihat yang terpapar sebelum di vaksin tahun lalu masuk rumah sakit dengan gejala sedang sampai berat,”ungkap Reynold.

Terkait kondisi orang yang mengalami kasus 1 KIPI Serius dan 5 Non Serius sendiri Reynold menjelaskan bahwa untuk 1 orang yang mengalami KIPI serius yaitu orang tersebut memiliki penyakit bawaan, pada saat di screening tidak menunjukkan gejala tetapi pada saat disuntik vaksin bersamaan dengan munculnya gejala penyakit bawaan.

Untuk 5 orang yang mengalami KIPI non serius sendiri menurut Reynold setelah divaksin orang tersebut sudah melewati masa 30 menit hingga 24 jam pengawasan setelah vaksin rata-rata mengalami panas suhu badan.

“Sehingga sebenarnya yang KIPI serius itu bukan karena vaksin dan orangnya tidak sampai meninggal. Kalau yang non serius tidak sampai di bawa ke Rumah Sakit, “jelasnya.

Reynold menegaskan dengan tidak banyaknya masyarakat yang sudah di vaksin mengalami kejadian seperti KIPI dan Masih Terpapar Covid menunjukkan bahwa vaksin Sinovac yang di gunakan oleh Pemkab Mimika aman. Pasalnya efek atau yang di timbulkan dari vaksin Sinovac yang sudah disuntikkan itu hanya 0,05 persen.

“Sampai hari ini Sinovac vaksin yang aman, jadi vaksin bisa memberikan perlindungan khusus di Mimika lebih dari 95 persen,”ujarnya.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait