2020 Pemda Bangun Pasar Warga 5 Daskam

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Mimika, Bernadinus Songbes. (Foto: Jerry)

 

Bacaan Lainnya

TIMIKA – Tabaos14    I   Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Mimika, Bernadinus Songbes mengatakan, awal tahun 2020 ini Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Mimika akan membangun pasar khusus bagi warga lima (5) Daskam.

Lima 5 daerah aliran sungai kampung (Daskam) itu terdiri dari Kampung Nayaro, Nawaripi, Koperapoka, Ayuka, Tipuka.

“Tahun ini akan dibangun di sebelah bangunan kuning untuk masyarakat Lima (5) kampung itu,” kata Songbes saat ditemui di Pos Pol Pasar Sentral, Rabu (08/01).

Alasan dibangun pasar untuk masyarakat Lima (5) Daskam itu, lantaran selama ini masyarakat dari Nayaro dan beberapa kampung lainnya berjualan di pasar lama. Setelah direlokasi ke Pasar Sentral, masyarakat mengusulkan kepada pemerintah agar dibangun pasar khusus bagi masyarakat Lima (5) Daskam itu.

“Tujuan dibangunnya Pasar Khusus bagi Warga Daskam itu karena selama ini, kita lihat pedagang yang jualan di pasar lama itu rata-rata pedagang dari beberapa kampung itu,” jelas Songbes.

Bangunan yang akan dibangun di lokasi Pasar Sentral tersebut menelan anggaran sebesar Rp 800,- juta dengan kapasitas bisa menampung lebih dari 150 pedagang.

“Bisa menampung sekitar 150 pedagang,” ungkap Songbes.

Dijelaskan Songbes juga, kalau nantinya Disperindag akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan agar dalam pengangkutan masyarakat dari Nayaro tidak diturunkan di jalan Bhayangkara melainkan di Pasar Sentral.

“Iya, kedepan kita akan koordinasi dengan perhubungan supaya bisa, yang angkut masyarakat bisa sampai ke Pasar Sentral,” kata Songbes. (Jul).

Pos terkait