Wabup Sebut Warga Tembagapura Harus Rapid Tes Sebelum Dipulangkan

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Pemulangan terhadap warga Tembagapura yang harusnya dilakukan hari sabtu (16/1) kemarin harus tertunda karena masyarakat tersebut harus melakukan Rapid tes terlebih dahulu. Pasalnya sesuai instruksi Bupati bahwa untuk memasuki areal PT Freeport maka pelaku perjalanan semua harus melakukan rapid tes bebas covid.

“Sebenarnya bukan hari Sabtu di pulangkan tetapi prosesnya dilakukan mulai dari hari sabtu kemarin yaitu pendataan hingga dilakukan rapid tes, kemudian baru di berangkatkan,” kata Wakil Bupati (Wabup) Mimika Johannes Rettob yang ditemui di rumah jabatan usai menggelar rapat, Senin (18/1).

Bacaan Lainnya

Wabup mengungkapkan bahwa nantinya jika hasil rapid tes ada yang positif tidak diperbolehkan pulang. Sebaliknya yang negatif di perbolehkan pulang ke Tembagapura. “Kalau negatif boleh naik, kalau positif tidak boleh naik,” ungkapnya.

Menurut Wabup untuk pelaksanaan ini Pemda akan bekerjasama dengan PT Freeport, pasalnya alat rapid yang dibutuhkan sangat banyak yakni sekitar 2.075 sebagaimana jumlah warga, sementara persediaan Pemda sangat terbatas. “Pelaksanaan rapidnya pun akan dilakukan bertahap,” tuturnya.

Sementara untuk pemulangannya, Pemda juga akan tetap berkoordinasi dengan PT Freeport untuk menyiapkan bus. Berdasarkan kesepakatan warga, yang akan dipulangkan duluan adalah mereka yang sudah memiliki rumah.

“Satu bus kan hanya menampung 63 orang tapi karena protokol kesehatan jadi hanya setengahnya saja. Jadi tinggal 30 orang satu bus. Misal 5 bus disiapkan Freeport, 150 satu hari, kali aja terus. Begitu juga kesiapan anti gen kita akan secara bertahap,” ujarnya.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait